Sarapan Kentang Bisa Lancarkan Pencernaan dan Perkuat Imunitas

Sonia Basoni - detikFood Senin, 10 Agu 2020 06:00 WIB
Sarapan Sehat dengan Kentang Foto: iStock
Jakarta -

Tak kalah mengenyangkan dari nasi, kentang juga bisa jadi menu sarapan bernutrisi. Kentang punya banyak manfaat seperti lancarkan pencernaan dan perkuat imunitas.

Kentang pertama kali ditemukan di abad 15 oleh orang-orang Spanyol. Jauh sebelum itu kentang sebenarnya sudah ditanam oleh suku Indica Indian di Peru sekitar 8,000 SM. Baru kemudian kentang menyebar ke Eropa hingga ke seluruh dunia.

Kini kentang termasuk ke dalam jenis sayuran yang populer dan digemari banyak orang. Kentang kaya akan karbohidrat yang bisa memberi rasa kenyang. Selama kentang diproses dengan cara sehat, umbi ini bisa jadi menu sarapan yang enak.

Ada beberapa manfaat yang bisa ditemukan dalam sarapan kentang. Seperti membantu melancarkan pencernaan serta perkuat imunitas.

Berikut lima manfaat dan kandungan nutrisi dari kentang dikutip dari berbagai sumber (09/08).

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama

1. Nutrisi Kentang

Sarapan Sehat dengan KentangSarapan Sehat dengan Kentang Foto: iStock

Dalam setiap 100 gram kentang mengandung 1,8 gram serat pangan, 1,9 gram protein, 0,1 gram lemak, hingga 20,1 gram karbohidrat. Juga sejumlah mineral seperti tembaga, kalium, zat besi, fosfor dan mangan.

Selain itu kentang juga bebas dari kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Kemudian dalam 100 gram kentang terdapat 0,211 mg vitamin B.

Jika dibandingkan dengan nasi jumlah vitamin B kentang jauh lebih tinggi. Sementaravitamin B berfungsi untuk membantu tubuh mengolah lemak, protein hingga karbohidrat di dalam tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]