ADVERTISEMENT

5 Trik Minum Es Kopi Susu dari Dokter, Khusus Buat yang Lagi Diet!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 05 Agu 2020 16:00 WIB
A cup of iced coffee in hand outdoors.
Foto: iStock

4. Kopi susu sachet

Fakta Kopi InstanTrik Minum Es Kopi Susu Saat Diet Foto: Getty Images/iStockphoto/gyro

Kopi susu yang laku di Indonesia juga termasuk kemasan sachet yang banyak dijajakan di warung. "Cara mudah untuk tahu nilai kalorinya itu baca tabel nutrisinya," kata dr. Dion.

Ia menjelaskan rata-rata kopi susu sachet ini memiliki gula tinggi. Salah satu trik yang bisa dilakukan adalah memakai hanya setengah bungkus kopi susu. Lalu kalau rasa kopinya kurang, bisa tambahkan kopi bubuk lain. Tujuannya agar mengurangi asupan kalori.

5. Trik bikin es kopi susu sendiri

es kopi susuTrik Minum Es Kopi Susu Saat Diet Foto: dok. detikFood

dr. Dion membeberkan trik bikin es kopi susu sendiri yang sudah pasti lebih rendah kalori. "Kopi bisa pakai cold brew atau yang seduh langsung, campurkan krimer cair, baru ditambahkan pemanis buatan. Untuk ukuran seperti gelas es kopi susu kekinian, kopinya pakai sekitar 100-200 ml," ujar dr. Dion.

Setelah itu ditambahkan krimer cair 30 ml dan satu bungkus pemanis buatan. "Baru tambahkan es batu ke dalamnya. Rasanya itu sudah cukup enak, menurut saya. Kalau menurut teman-teman kurang enak, bisa tambahkan susu segar ke dalamnya. Rasanya seperti latte dengan rasa manisnya juga. Jumlah kalorinya akan jauh lebih rendah kalau nggak pakai susu segar. Mungkin hanya sekitar 30-50 kkal," tambahnya.

dr. Dion juga mengingatkan kalau gula aren yang sering dipakai untuk racikan es kopi susu kekinian, tak lebih sehat dari gula putih. Keduanya memiliki kalori yang hampir sama.

Baca Juga: Mau Ngopi? Coba Cek Dulu Kandungan Kalori 8 Kopi Populer Ini



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT