ADVERTISEMENT

5 Trik Minum Es Kopi Susu dari Dokter, Khusus Buat yang Lagi Diet!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 05 Agu 2020 16:00 WIB
A cup of iced coffee in hand outdoors.
Foto: iStock

2. Ice latte dari coffee shop

Trik Minum Es Kopi Susu Saat DietTrik Minum Es Kopi Susu Saat Diet Foto: YouTube The Doctor's Diet

Es kopi susu yang juga banyak dinikmati berupa ice latte. Biasanya dibeli di coffee shop jaringan luar negeri. "Ice latte itu campuran espresso dan susu, itu aja. Nggak ada tambahan gula atau sirupnya kalau kamu nggak minta," kata dr. Dion.

Ia menekankan kalori dari ice latte berasal dari pemakaian susu. Normalnya ice latte dibuat dengan fresh milk yang kandungan lemaknya 2-3 persen. Kalau pakai susu low fat sekitar 1 persen. "Kalau pakai almond milk, soy milk, itu otomatis kalorinya akan berbeda," kata dr. Dion.

Lalu untuk ice latte normal buatan Starbucks, kalorinya sekitar 150 kkal. dr. Dion bilang, "Triknya (untuk yang lagi diet) itu, kalau mau pesen ice latte, ice latte aja, nggak usah ditambahin sirup atau gula." Kalaupun memang mau rasa manis, tambahkan pemanis buatan secukupnya saja.

Baca Juga: Kenapa Sih Suka Es Kopi Susu Kekinian? Ini Jawaban Mereka

3. Es kopi susu kekinian

Trik Minum Es Kopi Susu Saat DietTrik Minum Es Kopi Susu Saat Diet Foto: YouTube The Doctor's Diet

dr. Dion juga mencontohkan kalori es kopi susu kekinian dari gerai Janji Jiwa. "Kalori es kopi susu kekinian ini tergantung dari tiap stan sebenarnya. Tapi dari 4-5 merek yang sudah saya cicipi, komposisinya nggak jauh beda. Ada espresso, susu, krimer cair (susu evaporasi), dan gula. Gulanya bisa pakai gula putih atau gula aren," jelas dr. Dion.

Untuk susu, biasanya memakai 150 ml susu segar. Lalu untuk krimer cair sekitar 30 ml dan gula aren sekitar 30 ml. Sehingga total kalori es kopi susu kekinian ini sekitar 242 kkal. Sementara yang less sugar jadi 179 kkal. Nah, kalau kamu memang mau hemat sedikit kalori, disarankan pilih less sugar.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT