Manfaat Apel untuk Tubuh, Benarkah 'An Apple A Day Keeps The Doctor Away'?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 06:00 WIB
Ilustrasi seorang wanita tengah makan apel Foto: Thinkstock

4. Apel bisa turunkan berat badan hingga kurangi risiko diabetes
Manfaat sehat apel yang lain sangatlah banyak. Salah satunya populer di kalangan pelaku diet, apel bisa turunkan berat badan karena kandungan seratnya.

Apel juga meningkatkan kesehatan tulang dengan cara menaikkan kadar kepadatan mineral tulang sekaligus menurunkan risiko osteoporosis. Juga mampu meningkatkan fungsi otak karena makan apel bisa mengurangi stress oksidatif dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Pada kasus diabetes, makan satu apel tiap hari berkaitan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sampai 28%. Hal ini didasarkan pada penelitian terhadap partisipan yang makan apel tiap hari dan yang tidak makan apel sama sekali.

5. Kesimpulan 'An Apple A Day Keeps The Doctor Away'?

apelFoto: iStock

Apel memang bagus dikonsumsi setiap hari, namun jumlahnya jangan berlebihan. Seperti halnya pada makanan lain, konsumsi apel berlebih justru bisa picu masalah perut bergas atau kembung. Selain itu apel juga tinggi karbohidrat yang mungkin tidak cocok untuk beberapa orang.

Alih-alih hanya mengonsumsi apel saja setiap hari, lebih baik kamu mengonsumsi paduan buah atau sayur lain yang juga sama manfaatnya seperti apel. Ada pisang, blueberry, brokoli, wortel, mangga, pir, nanas, bayam, sampai tomat yang bisa jadi pilihan.

Intinya, konsumsi berbagai buah dan sayur setiap hari lebih bagus dibanding hanya makan satu apel saja. Karena kuncinya ada pada asupan gizi seimbang dengan bahan makanan yang beragam dan bernutrisi.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Toring, Soto Khas Klaten Anti Becek"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)