Manfaat Apel untuk Tubuh, Benarkah 'An Apple A Day Keeps The Doctor Away'?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 06:00 WIB
Ilustrasi seorang wanita tengah makan apel Foto: Thinkstock

2. Nutrisi satu buah apel
Dikutip dari Healthline (28/7), apel mengandung banyak nutrisi penting termasuk serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Satu buah apel ukuran sedang kira-kira mengandung nutrisi berikut:

Kalori: 95
Karbohidrat: 25 gram
Serat: 4,5 gram
Vitamin C: 9% kebutuhan harian
Tembaga: 5% kebutuhan harian
Potassium: 4% kebutuhan harian
Vitamin K: 3% kebutuhan harian

Secara khusus, vitamin C pada apel berperan sebagai antioksidan untuk menetralisir senyawa berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas dan mampu melawan penyakit. Antioksidan lain yang terkandung pada apel adalah quercetin, caffeic acid, dan epicatechin.

3. Apel sehatkan jantung

Tips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika DipotongFoto: iStock

Penelitian menunjukkan makan lebih banyak apel berkaitan dengan risiko rendah alami penyakit kronis, termasuk jantung. Hal ini karena kehadiran flavonoid yang terbukti mengurangi inflamasi sekaligus melindungi kesehatan jantung.

Apel juga tinggi kandungan serat larut yang membantu kurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. Dua kondisi ini penting untuk membuat seseorang terhindar dari penyakit jantung.

Selain itu, apel juga mengandung senyawa pelawan kanker. Menurut satu ulasan dari 41 penelitian, mengonsumsi banyak apel dikaitkan dengan penurunan risiko alami kanker paru-paru. Begitu juga dengan kanker usus, perut, dan kerongkongan. Meski begitu, masih dibutuhkan evaluasi lanjutan soal manfaat antikanker pada apel.

Baca Juga: Makanlah Buah Apel Setiap Hari untuk Dapatkan 10 Khasiat Sehat Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Toring, Soto Khas Klaten Anti Becek"
[Gambas:Video 20detik]