Manfaat Apel untuk Tubuh, Benarkah 'An Apple A Day Keeps The Doctor Away'?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 06:00 WIB
Ilustrasi seorang wanita tengah makan apel Foto: Thinkstock
Jakarta -

Makan apel tiap hari disebut bagus untuk tubuh, bahkan ada pepatah 'An Apple A Day Keeps The Doctor Away'. Benarkah hal ini?

Apel dikonsumsi banyak pelaku hidup sehat setiap hari. Selain karena enak, rutin makan apel dianggap bisa menjauhkan seseorang dari ragam penyakit. Pasalnya apel bermanfaat melancarkan pencernaan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apel juga tergolong mudah didapat termasuk di Indonesia. Meski harganya sedikit mahal, namun sepadan dengan kualitasnya. Di pasaran ada apel fuji, washington, hingga apel manalagi yang disukai. Selain yang impor, ada juga apel lokal yang banyak berasal dari Malang.

Menyoal manfaat sehat apel, ada pepatah yang diyakini banyak orang. Bunyinya 'An Apple A Day Keeps The Doctor Away' yang berarti 'Makan satu apel setiap hari bisa membuat dokter menjauh'. Dengan kata lain rutin makan apel bagus untuk kesehatan karena bisa membuat seseorang terhindar dari penyakit.

Benarkah pepatah itu? Seperti apa faktanya? detikFood merangkum serba-serbi manfaat apel seperti berikut:

1. Awal mula pepatah 'An Apple A Day Keeps The Doctor Away'

apelFoto: iStock

Pepatah ini diyakini muncul pertama kali sekitar tahun 1860. Merupakan pepatah lama dari Pembrokeshire di Wales, Inggris. Hal ini diungkap Caroline Taggart, penulis buku 'An Apple a Day: Old-Fashioned Proverbs and Why They Still Work'.

Taggart menjelaskan pepatah itu aslinya berbunyi 'Eat an apple on going to bed, and you'll keep the doctor from earning his bread' (Makanlah sebuah apel sebelum tidur, dan Anda akan menghalangi dokter mencari nafkah). Kemudian pepatah ini berkembang seiring waktu.

Bukan tanpa alasan, orang-orang sejak zaman dulu sudah meyakini manfaat sehat apel. Buah ini bahkan digunakan dalam pengobatan Ayurvedic tradisional di Asia Selatan sejak 1.500 tahun lalu. Apel mencegah seseorang alami penyakit kronis seperti paru-paru, diabetes, sampai jantung.

Baca Juga: Dari Mana Asal Pepatah 'An Apple A Day Keeps The Doctor Away'?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Toring, Soto Khas Klaten Anti Becek"
[Gambas:Video 20detik]