Ini Alasannya Kamu Perlu Minum Air Putih Sebelum Sarapan

Odilia WS - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 07:00 WIB
Pouring water in glass, Refreshments at coffee bar, Water pouring from bottle into the glass Foto: Instagram
Jakarta -

Tubuh manusia sebagian besar berupa air. Karenanya konsumsi air sangat penting terutama sebelum sarapan. Ini alasannya!

Minum air sangat penting buat kesehatan tubuh. Selain menghidrasi tubuh, air juga punya peran penting dalam berfungsinya organ-organ tubuh secara maksimal. Kebutuhan air harian harus dicukupi dengan baik.

Orang dewasa laki-laki perlu mengasup minimal 3 liter air dan wanita 2.2 liter air. Air tak melulu air putih saja tetapi bisa dicukupi melalui asupan makanan seperti sayuran, buah dan makanan lainnya.

Di pagi hari saat bangun tidur, sebelum melakukan aktivitas apapun, termasuk minum kopi, sebaiknya minumlah segelas air putih dulu. Dikutip dari mashed (21/7) mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga punya kebiasaan minum air putih sebelum minum apapun dan sarapan.

Benci Air PutihMinum air putih sebelum sarapan Foto: Istimewa

Tetapi mengapa perlu minum air putih sebelum sarapan? Saat bangun tidur, tubuh kamu berpuasa selama 8 jam semalaman, tentu saja dehidrasi. Apalagi kamu tidur di ruangan ber-AC. Makanya tubuh sangat menginginkan diisi ulang agar sistem pencernaan bisa bekerja efisien.

Minum segelas air putih sebelum sarapan selain menghidrasi tubuh juga melancarkan sistem pencernaan, memberi bahan bakar unruk menguras sisa pencernaan. Tetapi perlu dicatat minum segelas air putih sebelum sarapan tidak akan mendorong metabolisme.

'Mungkin akan mengurangi asupan sejumlah kalori tambahan sepanjang hari itu tetapi tidak membantu membakar lebih banyak kalori,' ungkap Sarah Greenfield RD, CSSD, direktur nutrisi di HUM, seperti dilansir dari Popsugar (30/12/18).

Minum air putihMinum air putih sebelum sarapan Foto: iStock

Tetapi minum air putih di pagi hari bisa membantu mengurangi rasa lapar berat yang bisa mendorong kamu makan lebih banyak dari yang kamu butuhkan. Minum segelas air 30 menit sebelum sarapan dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi yang dilakukan peneliti di University of Brimmingham, Inggris menunjukkan jika minum 2 cangkir air sebelum makan, asupan kalori akan berkurang 75-90 kalori. Karena itu mulai hari ini, minum segelas air sebelum sarapan sebaiknya kamu jadikan rutinitas pagi yang menyehatkan.



Simak Video "Manfaat Air Bulan Purnama"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)