5 Tips Mudah Kecilkan Perut Buncit dari Dokter, Tanpa Olahraga!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 28 Jul 2020 07:00 WIB
tips perut buncit Foto: iStock

2. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan sehari-hari

young woman eating fruit salad in bedroomFoto: Thinkstock

"Banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk tiap orang itu relatif. Ada orang yang cuma makan segenggam brokoli, dia udah bilang makan sayur banyak banget. Tapi ada juga orang yang makan sampai 5 genggam sayuran, itu merasa udah pas konsumsinya," jelas dr. Dion.

Dengan panduan Kemenkes RI, 2/6 isi piring itu harus diisi sayuran dan 1/6 itu diisi buah-buahan. "Dengan cara ini harapannya kita bisa memenuhi kebutuhan mikronutrien dan serat harian kita," kata dr. Dion.

Selain itu, manfaat banyak makan sayur dan buah adalah membantu tubuh lebih mudah merasa kenyang. "Sayuran terutama, karena kalorinya kecil tapi volumenya besar. Hal ini membantu meregangkan lambung kita, lalu mengirimkan sinyal kenyang ke otak kita," jelasnya.

Kondisi itu pada akhirnya membuat seseorang tidak makan terlalu banyak setiap hari dan mengalami kondisi defisit kalori. Kondisi ini berperan penting untuk mengecilkan perut buncit.

Baca Juga: Ini 8 Sayuran Paling Mengenyangkan yang Cocok untuk Diet!

3. Kurangi minuman manis

Minum minuman manisFoto: shutterstock

"Saya bilang mengurangi bukan berhenti karena saya nggak mau teman-teman cuma membangun kebiasaan ini cuma 1-2 bulan. Saya mau teman-teman menjalankan kebiasaan ini sampai seumur hidup," ujarnya. Minuman manis biasanya mengandung kadar gula tinggi. Dengan mengurangi minuman manis bisa membawa seseorang pada kondisi defisit kalori.

Gula pada minuman manis, nilai kalorinya tinggi tapi tidak memberikan nilai nutrisi yang berarti. Kalau mau rasa manis, lebih baik pilih makan buah yang menghadirkan rasa manis alami. Ditambah tambahan vitamin, serat, dan mineral.

dr. Dion mengakui dirinya pun belum bisa lepas dari minuman manis. "Saya tetap minum minuman manis juga. Satu sih yang nggak bisa saya lepas, es kopi susu. Saya batasi minum seminggu dua kali," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Samgyetang Bareng Dimas Beck"
[Gambas:Video 20detik]