5 Tips Mudah Kecilkan Perut Buncit dari Dokter, Tanpa Olahraga!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 28 Jul 2020 07:00 WIB
tips perut buncit Foto: iStock
Jakarta -

Perut buncit jadi masalah bagi banyak pria dan wanita. Untuk menghilangkannya ada tips mudah yang bisa dicontek. Berkaitan dengan pola makan, bukan olahraga!

dr. Dion Haryadi terkenal sebagai dokter diet atau The Doctor's Diet di YouTube. Lewat channel YouTube-nya, dr. Dion kerap membagikan tips-tips diet yang mudah diikuti. Misalnya tips diet mudah untuk pemula, rahasia makan bebas tapi langsing, hingga menghilangkan perut buncit.

Khusus untuk perut buncit, dr. Dion menjelaskan kuncinya bukan lewat olahraga atau latihan perut seperti sit up, melainkan defisit kalori. Dengan kondisi defisit kalori, tubuh bisa membakar lemak dengan tujuan utama kecilkan perut buncit.

"Cara mengecilkan perut buncit itu sama dengan cara menghilangkan massa lemak di bagian tubuh kita, entah di paha, lengan, dada, dan lainnya. Yaitu dengan cara defisit kalori," ujarnya di awal video.

Berikut 5 tips mudah kecilkan perut buncit tanpa olahraga ala dr. Dion:

1. Mengunyah lebih pelan

Close up portrait of young man in pain closing eyes and plugging ears with his hands protecting from loud noiseFoto: iStock

Terdengar tak biasa, namun mengunyah lebih pelan merupakan tips mudah kecilkan perut buncit yang pertama dari dr. Dion. "Alasannya, proses pencernaan sebenarnya sudah dimulai dari mulut, dengan enzim amilase dan juga proses mengunyah dari gigi dan mulut," jelasnya.

Dengan meningkatkan frekuensi mengunyah, maka seseorang akan membuat makanan lebih mudah dicerna. "Nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut juga akan terserap lebih baik," tambah dr. Dion.

Selain itu dengan mengunyah lebih pelan, seseorang bisa menikmati makanan dengan lebih baik. dr. Dion bilang, "Kita juga akan lebih mudah kenyang dan tidak mudah kalap makan lebih banyak."

Tipsnya, setiap menyuap makanan, dr. Dion anjurkan mengunyah 20-30 detik. Barulah kemudian menelan makanan tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Ragam Bakmi Pedas Berpenampilan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]