Makanan untuk Cegah Kista Ovarium, Perlu Dikonsumsi Wanita!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Jul 2020 14:01 WIB
Makanan untuk Cegah Kista Ovarium Foto: Getty Images/fotostorm

2. Sumber vitamin A

Makanan untuk Cegah Kista OvariumMakanan untuk Cegah Kista Ovarium Foto: Getty Images/fotostorm

Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan ovarium. Vitamin A membantu ovarium mulai meiosis, tipe pertumbuhan sel untuk memproduksi sel telur. Konsumsinya dianjurkan setiap hari, meski dalam jumlah kecil.

Pada makanan, sumber vitamin A sangat beragam. Vitamin A bisa diasup dari hati sapi, minyak ikan cod, salmon, dan telur rebus. Ada juga vitamin A yang didapat dari fortifikasi sereal, margarin, atau produk olahan susu.

Lalu untuk provitamin A yang bisa diubah tubuh menjadi vitamin A, terdapat pada ragam buah dan sayur. Mulai dari ubi, wortel, bayam, dan romaine lettuce. Lalu untuk buahnya ada mangga, melon, semangka, dan pepaya. Pastikan mengasup sumber vitamin A dan provitamin A yang beragam.

3. Makanan tinggi vitamin C

Makanan untuk Cegah Kista OvariumMakanan untuk Cegah Kista Ovarium Foto: Getty Images/fotostorm

Selain vitamin A, kesehatan ovarium juga bergantung pada vitamin C. Asupan cukup vitamin ini berperan sebagai proteksi alami pelawan kanker ovarium. Selain itu, vitamin C juga membantu fungsi ovarium lebih baik.

Vitamin C banyak terkandung pada stroberi, jeruk, paprika, dan brokoli. Per hari, wanita disarankan mengasup 75 mg vitamin C, sementara pria 90 miligram.

Di Indonesia ada buah sumber vitamin C yang sangat bagus, jambu biji. Tiap buah jambu biji mengandung sekitar 126 mg vitamin C. Jumlah ini sangat cukup untuk asupan harian yang diperlukan tubuh. Manfaat lain dari konsumsi sumber vitamin C adalah tekanan darah dan kolesterol lebih rendah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Melihat Gudang Distributor Sayur dan Buah Online di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]