Makanan untuk Cegah Kista Ovarium, Perlu Dikonsumsi Wanita!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Jul 2020 14:01 WIB
Makanan untuk Cegah Kista Ovarium Foto: Getty Images/fotostorm
Jakarta -

Kista ovarium bisa terjadi pada tiap wanita. Untuk mencegahnya, wanita perlu memperbanyak konsumsi makanan tinggi vitamin A dan vitamin C.

Kista ovarium adalah penyakit yang diderita Feby Febiola. Pesinetron ini sampai harus jalani kemoterapi karena kista ovarium yang dideritanya. Efek sampingnya rambut Feby rontok hingga ia putuskan memangkas mahkotanya itu.

Penampilan Feby dengan rambut bondolnya ia unggah ke Instagram. Ia mendapat dukungan dari suami, rekan-rekan artis, dan netizen. Sang suami, Franky Sihombing, bahkan ikut memangkas rambutnya untuk menemani Feby.

Baca Juga: Franky Sihombing Kini Botak, Feby Febiola: Kita Seperti Cengkeh Nastar

Kista ovarium sendiri merupakan kondisi kantong berisi cairan yang tumbuh di indung telur (ovarium) wanita. Hal ini bisa terjadi pada setiap wanita selama masa subur atau selama wanita masih menstruasi.

Pola makan sehat diperlukan guna mencegah timbulnya kista ovarium. Makanan apa saja yang bisa mencegah dan harus dihindari? detikFood merangkum informasinya seperti berikut:

1. Mengenal kista ovarium

Makanan untuk Cegah Kista OvariumMakanan untuk Cegah Kista Ovarium Foto: Getty Images/fotostorm

Ovarium adalah bagian sistem reproduksi wanita yang berfungsi menghasilkan sel telur tiap bulan dan hormon estrogen serta progesteron. Ovarium bisa saja terganggu seperti muncul kista di dalamnya.

Kista ovarium sering kali muncul tanpa gejala. Pada kebanyakan kasus, kista biasanya akan hilang sendiri tanpa pengobatan. Namun bisa juga kista tak hilang dan malah membesar.

Kondisi ini membuat wanita merasakan gejala seperti nyeri panggul atau perut kembung. Penanganannya dalam kondisi terparah bisa dengan operasi pengangkatan kista.

Adapun untuk penyebab kista ovarium bisa terkait siklus menstruasi atau pertumbuhan sel yang tidak normal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Gurame Asam Manis dan Ayam Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]