7 Makanan Populer Ini Diam-diam Mengandung Tinggi Garam

Odilia WS - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 07:00 WIB
efek konsumsi garam rendah Foto: Istimewa
Jakarta -

Garam merupakan bumbu terpenting yang melezatkan makanan. Agar tak berlebih mengasupkan waspadai makanan populer yang mengandung tinggi garam ini.

Meskipun penting garam dianjurkan untuk dikonsumsi dalam takaran yang wajar. Banyak penyakit yang dipicu karena asupan garam berlebihan. Seperti penyakit tekanan darah tinggi hingga jantung.

Takaran harian untuk konsumsi sodium yang terkandung dalam garam adalah 2.300 mg per hari. Namun, mengapa orang masih saja kelebihan mengasup garam? Hal ini karena banyak sekali produk makanan yang diam-diam mengandung banyak sodium.

Semakin banyak makanan olahan dijual di pasaran, sebaiknya kamu lebih cermat memilih. Dilansir dari msn (22/7), berikut ini 7 makanan populer yang tinggi garam dan sebaiknya dibatasi asupannya.


1. Daging ayam

Mungkin kamu tak menduga jika daging fillet ayam tanpa kulit merupakan bahan makanan sehat. Tetapi kenyataannya beberapa produsen ayam menyuntik ayam dengan larutan garam dan zat lain agar lebih awet dan enak rasanya.

Tindakan produsen ini bisa memberikan tambahan 400 mg sodium dalam asupan harian. Karenanya berhati-hati saat membeli ayam segar. Pilih ayam kampung yang baru dipotong atau ayam probiotik yang tidak diberi pakan antibiotik.

Spaghetti Bolognaise Sauce  in the Pot on the wooden table7 makanan populer ini diam-diam mengandung tinggi garam Foto: saus bolognese

2. Saus pasta kemasan

Kini banyak dijual saus pasta kemasan siap olah. Umumnya berupa saus bolognese. Hal ini seiring dengan populernya olahan pasta dan banyak produk pasta dibuat dalam negeri. Ada yang dikemas kalengan ada yang dikemas plastik tebal atau botol kaca.

Tetapi tahukah kamu jika 1 cup (250 ml) saus pasta bisa mengandung 1.000 mg sodium? Sementara 2 sdm saus pesto mengandung 190-290 mg sodium. Karena itu sebaiknya bikin saus pasta sendiri, bagi menjadi 1 porsi sajian dan bekukan. Saat akan memasak, tinggal dilumerkan dan ditambah krim, jika suka.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ini Cara Membuat Garam Tradisional di NTT"
[Gambas:Video 20detik]