Kimchi Turunkan Angka Kematian COVID-19 di Korsel, Ini Faktanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 21 Jul 2020 10:30 WIB
kimchi Foto: iStock

4. Menteri Kesehatan Korea Selatan tekankan kimchi bukan obat Corona

A bowl of traditional Korean napa kimchi with white rice.Foto: iStock

Terlepas dari segudang manfaat sehat kimchi dan kaitannya dengan penurunan angka kematian akibat COVID-19, Menteri Kesehatan Korea Selatan pernah menegaskan kalau kimchi bukanlah obat atau sesuatu yang secara pasti mencegah virus berbahaya ini.

Dalam siaran berita Februari 2020, ia berujar, "Makan kimchi tidak mencegah infeksi virus corona." Meski begitu, hal ini tidak menurunkan minat orang-orang untuk rajin makan kimchi di tengah pandemi COVID-19.

Apalagi beredar bukti bahwa kimchi pernah berperan efektif dalam menyembuhkan pasien virus MERS-CoV yang menyebar di Korea Selatan tahun 2015. "Bakteri asam laktat dari kimchi melindungi kita dari virus dengan cara meningkatkan Immunoglobulin A (IgA) di usus," kata Park Yong-ha, profesor di Departemen Mikrobiologi Universitas Yeungnam.

Baca Juga: Apa Benar Virus Corona Bisa Dicegah dengan Makan Kimchi? Ini Faktanya

5. Nutrisi kimchi

jenis kimchiFoto: iStock

Kimchi mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, serat, sodium, vitamin B6, vitamin K, asam folat, iron, dan lainnya. Soal kalori, dalam 150 gram kimchi hanya terdapat sekitar 23 kkal.

Untuk jantung, kimchi juga menyehatkan karena biasanya kimchi juga ditambahkan bawang putih yang tinggi kandungan allicin dan selenium. Keduanya punya manfaat baik untuk melindungi jantung seseorang. Konsumsi kimchi bahkan bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Bagi yang sedang menurunkan berat badan juga bisa mengonsumsi kimchi. Bakteri sehat di dalamnya bantu penurunan berat badan dengan cara mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar gula darah. Selain itu, kimchi tinggi serat sehingga membuat rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Korea Selatan Dilanda Krisis Kimchi!"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com