Kimchi Turunkan Angka Kematian COVID-19 di Korsel, Ini Faktanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 21 Jul 2020 10:30 WIB
kimchi Foto: iStock

2. Makanan fermentasi lain yang manfaatnya serupa

SauerkrautFoto: Thinkstock

Selain kimchi, penelitian itu juga menyoroti makanan fermentasi lain yang memiliki manfaat serupa. Di Jerman ada sauerkraut, olahan kubis fermentasi dengan bakteri asam laktat. Terlihat tingkat kematian COVID-19 di sana 4,51% dengan 9.163 kematian dari 202.845 pasien terinfeksi saat penelitian dilakukan.

Makanan fermentasi lain yang juga terbukti handal adalah yogurt dan caviar. Kedua makanan ini disebut membantu Yunani, Bulgaria, dan Turki dalam memiliki angka kematian akibat COVID-19 yang rendah.

Di sisi lain, Italia, Spanyol, dan Inggris memiliki tingkat kematian akibat COVID-19 yang tinggi. Masing-masing 14,33%, 9,24%, dan 15.36%. Seperti diketahui di negara-negara ini, kubis atau makanan fermentasi bukanlah makanan harian warganya.

3. Keunggulan kubis fermentasi

jenis kimchiFoto: iStock

Lantas apa yang membuat kubis fermentasi bernutrisi, sampai-sampai bisa mengurangi angka kematian COVID-19? Selain tinggi antioksidan dan vitamin C yang memang terkandung pada kubis, proses fermentasi menghasilkan probiotik yang mendorong adanya microbiome usus. Hal ini membantu tubuh memiliki sistem kekebalan yang lebih baik.

Dalam penelitian terpisah yang dilakukan di Universitas Leipzig Jerman, ditemukan kalau mengonsumsi makanan fermentasi bisa mendorong sistem kekebalan tubuh seseorang. Penelitian sebelumnya juga menyoroti manfaat microbiome usus sehat yang mencegah kerusakan akibat inflamasi di dalam tubuh.

Sementara itu pada April 2020, New York Post melaporkan ada peningkatan penjualan sauerkraut dan kimchi di tengah pandemi COVID-19. Ini membuktikan banyak orang berupaya mengonsumsi makanan yang menurut mereka bisa melindungi diri mereka dari virus Corona. "Ketika ada persepsi kalau sangat sedikit hal yang bisa kamu lakukan, kamu ingin melakukan sesuatu," tutur Dr. Brown dari Weill Cornell Medicine.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Korea Selatan Dilanda Krisis Kimchi!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com