5 Topping Roti Panggang Ini Bikin Gendut, Begini Kata Pakar!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 09 Jul 2020 06:00 WIB
roti panggang pisang Foto: iStock
Jakarta -

Roti panggang jadi sarapan favorit banyak orang. Menu ini sehat dan minim kalori asal tidak ditambahkan 5 topping ini.

Roti merupakan salah satu makanan pokok di beberapa negara. Roti juga identik sebagai menu sarapan. Selain rasannya enak, roti tergolong sehat karena mengandung serat dan karbohidrat yang mengenyangkan, apalagi jika terbuat dari bijian utuh.

Namun, roti bisa jadi makanan tidak sehat jika disantap dengan beragam topping. Hal ini bisa meningkatkan nilai kalori yang terkandung. Menurut Graeme Tomlimson (31) yaitu pakar diet dari Inggris, jumlah kalori selembar roti panggang (40 gram) hanya 95 kcal. Tapi ketika ditambahkan aneka topping, kalorinya bisa melonjak hingga 100-500 kcal.

Dilansir dari Daily Mail (29/6), ada 5 roti panggang dengan tambahan topping yang berkalori tinggi. Seperti roti panggang dengan topping mentega, selai stroberi, hingga alpukat campur daging bacon. Walaupun roti tawar panggang dengan aneka topping ini enak, tapi sebaiknya dihindari kalau kamu sedang berdiet.

Berikut 5 topping roti panggang yang tinggi kalori dan bikin gendut:

Baca Juga: Awas Ngiler! 10 Kreasi Roti Panggang Keju yang Mulur Buat Sarapan

1. Roti Panggang Topping Alpukat dan Bacon

Jumlah Kalori Roti Panggang Aneka ToppingJumlah Kalori Roti Panggang Aneka Topping Foto: daily mail

Alpukat merupakan superfood karena kandungan nutrisinya yang tinggi serta menyehatkan. Alpukat sering dicampurkan untuk hidangan sandwich. Biasanya dihaluskan dengan tambahan beberapa bumbu untuk dijadikan guacamole, lalu dioleskan ke roti tawar yang sudah dipanggang.

Selain olesan alpukat, biasanya orang-orang menambah beberapa lembar bacon. Daging olahan tersebut sebelumnya sudah dimasak sebentar dengan mentega.

Kalau menyantap roti panggang tanpa campuran apapun, jumlah kalorinya tidak banyak. Namun jika sudah ditambahkan 2 jenis topping itu, kalorinya bisa mencapai 513 kcal. Untuk orang yang sedang berdiet, jangan sekalipun mencampurkan kedua topping tersebut pada roti panggang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Hangout Murah Meriah di Akhir Bulan dengan Aneka Roti Bakar"
[Gambas:Video 20detik]