10 Makanan Sumber Protein, Bisa Tingkatkan Sistem Imun untuk Cegah Corona

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 07 Jul 2020 10:30 WIB
Fakta tentang ikan salmon Makanan sumber protein untuk cegah corona. Foto: iStock
Jakarta -

Makanan sumber protein sangat beragam. Protein tidak hanya bersumber dari hewani tetapi juga nabati. Protein dari makanan dapat memasok asam amino untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel jaringan tubuh.

Dikutip dari NBC News, menurut Douglas Paddon-Jones, PhD, FACSM, seorang profesor kesehatan dari The University of Texas Medical Branch kebutuhan protein harian seseorang adalah 0,8 gram per kilogram berat badan yang kita miliki. Jadi jika kamu memiliki berat badan antara 50 sampai 60 kilogram, kebutuhan protein harian kamu berkisar di antara 40 sampai 48 gram setiap harinya.

Apakah makanan berprotein tinggi baik untuk sistem imun?

Menurut WebMD, protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh dan melawan infeksi virus dan bakteri. Pembangkit sistem kekebalan tubuh seperti antibodi dan sel, bergantung pada protein. Terlalu sedikit protein dalam makanan dapat menyebabkan gejala kelemahan, kelelahan, apatis dan sistem imunitas yang buruk.

Makanan sumber protein lebih baik dipilih dari yang rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, kacang dan kedelai.

Dari penjelasan sebelumnya, makanan yang tinggi protein bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Tentu hal ini berkaitan dengan pencegahan virus corona. Sistem imunitas yang baik membuat virus sukar masuk ke dalam tubuh.

Untuk tingkatkan sistem imun dan cegah corona, berikut makanan sumber protein yang bisa dikonsumsi:

1. Ikan


Salah satu makanan sumber protein tinggi adalah ikan. Ikan sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak maupun orang dewasa. Kandungan protein serta omega tiga dalam ikan dapat membantu mencegah berbagai penyakit di kemudian hari, termasuk mencegah virus corona.

Protein yang terkandung dalam ikan mudah dicerna sehingga dapat mengganti sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

2. Daging Sapi


Makanan sumber protein yang lain adalah daging sapi. Daging sapi tanpa lemak tinggi protein bisa jadi pilihan yang tepat. Selain protein, daging sapi juga mengandung zat besi, vitamin B12 dan sejumlah nutrisi penting lainnya.

3. Ayam


Makanan sumber protein hewani yang banyak disukai adalah ayam. Daging ayam juga mengandung vitamin B3, vitamin B12, vitamin B6, zat besi, zinc dan selenium. Supaya tak menambah asupan lemak, pilih daging ayam dada dan dimasak dengan cara rebus atau panggang.

4. Seafood


Sama seperti ikan, seafood juga disebut sebagai makanan sumber protein. Seafood terdiri dari udang, cumi, kepiting, hingga kerang. Meskipun banyak yang menghindari konsumsi seafood karena kolesterol, menurut Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W beberapa waktu lalu, kandungan kolesterol pada kepiting adalah 60-90 mg per 100 gr, pada udang 166 mg per 100 gr, dan pada cumi-cumi 220 mg per 100 gr.

"Sebagian besar seafood memiliki kandungan lemak sehat yang justru meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung di dalam tubuh. Tetapi jika jenis makanan ini diolah dan dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat, maka manfaatnya akan menurun," tegas dr. Ervina kepada detikHealth.

Seafood juga tinggi protein sehingga disarankan untuk mengolahnya dengan cara ditumis, dipanggang atau direbus agar lebih sehat.

5. Telur


Telur adalah salah satu makanan sumber protein hewani yang bagus untuk tingkatkan sistem imun. Telur tidak hanya mudah diolah tetapi juga kaya akan sumber vitamin, lemak sehat, antioksidan dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan mata hingga otak.

Telur bisa diolah dengan cara direbus atau digoreng. Setiap butir telur mengandung 6 gram protein per sajian. Telur mengandung omega 3 dan vitamin D. Omega 3 merupakan lemak sehat yang umumnya terdapat dalam ikan. Sedangkan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang.

6. Tempe


Tempe merupakan makanan sumber protein nabati. Tempe mengandung serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Kandungan antibiotika dan antioksidan di dalamnya dapat menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif. Dalam 100 gram tempe mengandung 201 kkal energi, 20,8 g protein, 8,8 g lemak, 13,5 g karbohidrat dan 1,4 g serat.

7. Tahu


Tahu juga menjadi salah satu makanan sumber protein nabati yang enak dan menyehatkan. Tahu tidak hanya dapat dijadikan sebagai lauk tetapi juga camilan yang gurih enak. Tahu paling enak diolah dengan cara digoreng atau dicampur menjadi tumisan dengan paduan sayuran segar.

8. Alpukat


Alpukat menjadi salah satu buah yang mengandung protein. Dilansir Ciston PR Newswire, sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh Nutrients dari Illinois Institute of Technology, Amerika. Menjelaskan bahwa orang yang rutin mengonsumsi alpukat segar setiap sarapan, terbukti dapat menyehatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko terserang stroke, hingga serangan jantung.

Selain protein, buah alpukat juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan menunjang proteksi sistem imunitas tubuh agar terhindar dari virus corona.

9. Susu


Susu mengandung protein tinggi. Susu juga kaya akan vitamin dan kalsium sehingga tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh tetapi juga bisa menjaga kepadatan tulang. Susu dapat dikonsumsi dua kali sehari. Bagi kamu yang tak ingin mendapatkan lemak dari susu sebaiknya jangan pilih susu jenis full cream. Tetapi pilihlah susu yang rendah lemak.

10. Yogurt


Makanan sumber protein yang terakhir adalah yogurt. Yogurt mengandung protein, kalsium dan juga bakteri baik untuk usus. Yogurt juga mengandung vitamin B dan probiotik. Dikutip dalam Daily Sabah, kandungan mineral seperti magnesium, seng, dan selenium yang terdapat pada yogurt dapat meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah terinfeksi virus Corona. Selain itu, yogurt memiliki kemampuan untuk melawan kuman penyebab penyakit dan menjaga usus tetap terlindungi.



Simak Video "Pandemi Corona, Jakarta Coffee Week Digelar Online"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)