10 Bahan Makanan yang Wajib Ada di Dapur Menurut Ahli Gizi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 27 Jun 2020 06:00 WIB
masak di dapur Foto: iStock
Jakarta -

Bahan makanan yang wajib ada di dapur diungkap ahli gizi. Tak sulit dicari, mulai dari bawang putih, rempah hingga kacang-kacangan.

Bahan makanan ada banyak jenisnya, tapi ahli gizi merekomendasikan 10 bahan makanan yang wajib ada. Fungsinya tak hanya melezatkan masakan tapi juga menyehatkan tubuh dengan segudang nutrisinya.

Dikutip dari Asia One (26/6), ahli gizi Yan Yin Phoi merangkum fakta-fakta soal bahan makanan yang wajib ada di dapur. Semuanya mudah didapat dan akan banyak dipakai dalam masakan. Mulai dari bawang putih, tomat, rempah, sampai minyak zaitun.

Ada juga ragam kacang-kacangan yang penting dijadikan stok. Yuk, simak 10 bahan makanan yang wajib ada di dapur menurut ahli gizi!

1. Bawang putih dan bawang bombai

Bawang putihBawang putih Foto: Getty Images/Robert Daly

Bawang adalah kunci penting untuk melezatkan melezatkan masakan sekaligus membuat aromanya menggugah selera. Ahli gizi merekomendasikan selalu stok bawang putih dan bawang bombai di dapur. Keduanya bisa ditambahkan pada berbagai jenis masakan, mulai dari sup sampai pasta.

Untuk penggunaan tunggal, biasanya bawang putih dipakai saat menumis sayuran sementara bawang bombai dipakai sampai terkaramelisasi. "Pastikan masak keduanya dengan hati-hati sehingga tidak gosong. Jangan buat minyak terlalu panas sebelum memasukkan bawang putih agar tidak gosong dan melengket di wajan," kata Yan Yin Phoi.

2. Tuna kalengan
Selanjutnya ada tuna kaleng yang juga sebaiknya selalu ada di dapur. Tuna kaleng adalah sumber protein dan asam lemak omega 3 yang bagus untuk kesehatan. Penggunaannya pun mudah, bisa dijadikan isian sandwich, topping salad, atau sekadar ditumis sebagai lauk.

Cara lain adalah memasak tuna kaleng dengan saus berbasis tomat, zaitun, dan cabai sebagai pelengkap pasta. Tuna kaleng juga bisa jadi alternatif sumber protein selain daging sapi atau ayam segar yang umum diolah.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan Serba Guna yang Wajib Ada di Dapur

3. Tomat

Bahan makanan yang wajib ada di dapur selanjutnya adalah tomat. Fungsinya banyak, bisa untuk masakan Barat sampai Asia. Pun bisa untuk jadi camilan sehat sehari-hari.

Kalau merasa tidak sering menggunakan tomat, kamu bisa memilih tomat kaleng yang bisa disimpan lama. Tomat ini juga punya keunggulan lain berupa konsistensi tekstur dan rasanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]