5 Manfaat Rumput Laut Superfood yang Umami Rasanya

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 24 Jun 2020 09:00 WIB
5 Manfaat Rumput Laut Foto: iStock
Jakarta -

Rumput laut punya beragam manfaat sehat untuk tubuh. Kaya akan zat antioksidan, rumput lauk bisa diolah jadi santapan yang lezat.

Rumput laut merupakan jenis tanaman yang hidupnya di laut. Biasanya tumbuh di sela-sela terumbu karang untuk tempat tinggal ikan. Bahkan rumput laut juga banyak yang dibudidayakan.

Rumput laut yang terlihat sederhana ini ternyata mengandung beragam nutrisi yang penting khasiatnya untuk tubuh. Mengandung vitamin, serat dan mineral. Rumput laut juga disebut-sebut sebagai salah satu superfood.

Walaupun rasanya hambar, namun rumput laut punya tekstur yang kenyal. Oleh karenanya rumput laut jadi komponen utama untuk membuat agar-agar. Rumput laut juga biasa diolah untuk makanan khas Jepang.

Dilansir dari Times of India (22/6), berikut 5 manfaat rumput laut yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Ini 6 Jenis Rumput Laut, Superfood Jepang yang Bikin Awet Muda dan Ramping

1. Nutrisi Rumput Laut

5 Manfaat Rumput Laut5 Manfaat Rumput Laut Foto: iStock

Tak kalah dengan makanan sehat lain, rumput laut juga disebut sebagai superfood. Karena beragam nutrisi penting dan manfaatnya untuk tubuh. Rumput laut mengandung banyak serat dan mineral.

Selain itu, rumput laut juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, magnesium, kalsium, hingga zat besi. Rumput laut juga punya kandungan vitamin B12 yang biasanya ada di dalam telur, susu, dan daging.

Rumput laut juga kaya akan zat antioksidan dimana bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Imunitas tubuh sangat diperlukan agar tak mudah terserang beragam penyakit. Seperti penyakit ringan yang kerap disebabkan oleh virus.

2. Menjaga Berat Badan

Jika Anda ingin menjaga berat badan, mengonsumsi rumput laut bisa jadi pilihan. Ini karena kandungan kalori yang ada pada rumput laut sangat rendah. Disebutkan dalam Healthline (4/12), dalam 100 gram rumput laut hanya mengandung sebanyak 45 kalori.

5 Manfaat Rumput Laut5 Manfaat Rumput Laut Foto: iStock

Kandungan karbohirat pada rumput laut juga sangat kecil hanya sekitar 10 gram saja. Namun serat yang terkandung pada rumput laut terbilang cukup banyak. Jadi bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Adanya kandungan serat juga bisa membantu dalam menjaga berat badan. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan dan ditemukan kalau zat yang terdapat pada rumput laut dapat membantu dalam meningkatkan produksi protein. Dimana protein tersebut bertugas dalam melunturkan lemak secara efektif.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Pizza Selada Laut, Hidangan Sehat dan Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]