Makan Rumput Laut Setiap Hari akan Membuat Tubuh Lebih Sehat

Lucia Essy Heriana - detikFood Sabtu, 28 Nov 2015 11:35 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Rumput laut, makanan kaya serat ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang ​hebat​. ​Jika dikonsumsi ​setiap hari​ membuat tubuh lebih sehat​.

Rumput laut banyak dikonsumsi di seluruh dunia, khususnya di Asia. Rumput laut digunakan dalam berbagai makanan Asia, sushi salah satunya.

Dalam penelitian ​ter​baru, para ahli menemukan 35 spesies rumput laut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Rumput laut yang diketahui memiliki serat tinggi, ternyata memiliki sejumlah nutrisi yang sehat, diantaranya asam amino esensial, antioksidan, mineral, trace elemen, serat, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Menurut tim peneliti Denmark, sangat ​baik ​ mengonsumsi rumput laut setiap hari​. ​​K​arena rumput laut mengandung nutrisi penting dan dapat membantu mengurangi dampak obesitas.

Foto: Thinkstock

"Zat tertentu dalam rumput laut penting untuk mengurangi penyakit kardiovaskular," kata Ole G. Mouritsen, seorang peneliti biofisika di University of Southern Denmark​ seperti dikutip dari www.sciencealert.com (24/11).​

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Phycologia, Mouritsen dan rekan-rekannya mengatakan pentingnya rumput laut menunjukkan bahwa industri makanan memiliki peran besar untuk membuat rumput laut menjadi bahan umum dalam bahan makanan ​harian.​

Rumput laut baik dijadikan penyedap makanan karena kadar garamnya tidak menyebabkan darah tinggi seperti natrium yang terdapat dalam garam. Selain itu, rumput laut memberikan ​rasa ​umam​i. Rasa ​ kelima dari rasa dasar yang dirasakan manusia, dan dapat membuat Anda merasa kenyang serta dapat membantu mengatur asupan makanan.

Mouritsen menyarankan untuk mengkonsumsi rumput laut sebanyak 5-10g rumput laut kering setiap hari.​ Namun, ​​b​ukan berarti rekomendasi ini berlaku untuk semua spesies rumput laut. Beberapa spesies mengandung banyak yodium, dan rumput laut jenis hijiki​ bisa​ mengandung arsenik.

Para peneliti juga menyarankan orang untuk tidak makan rumput laut yang dicuci di pantai. Namun untuk spesies yang tepat dan diproduksi dengan aman bisa menjadi penambah rasa yang aman bagi tubuh.



Segala macam makanan olahan bisa dipadupadankan dengan rumput laut, bisa dijadikan sebagai bahan penyedap. Para peneliti menyarankan menambahkan rumput laut dalam makanan, seperti hot dog, pasta, hingga makanan cepat saji.

"Kita tahu bahwa banyak orang mengalami kesulitan membedakan antara makanan sehat dan tidak sehat. Dengan menambahkan rumput laut ke dalam makanan olahan, kita bisa membuat makanan lebih sehat. Banyak makanan yang menggunakan rumput laut dan rasanya enak, serta membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular​,​"​ demikian jelasnya.​

(lus/odi)