Manfaat Makan Malam Lebih Awal Bisa Turunkan Berat Badan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Jun 2020 17:30 WIB
Manfaat makan malam lebih awal Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

4. Kurangi risiko kanker dan tingkatkan mood

Dikutip dari Times of India, sebuah penelitian kanker menemukan mereka yang makan malam setidaknya dua jam sebelum tidur, memiliki pengurangan risiko terkena kanker.

Untuk pria, risiko kanker prostat berkurang 26%, dan untuk wanita ada pengurangan risiko sampai 16% dari terkena kanker payudara. Manfaat lainnya adalah meningkat mood dan kadar energi.

Makan malam lebih awal memberikan waktu lebih bagi tubuh untuk menstabilkan kadar gula darah. Hal ini membuat jamu terhindar dari rasa lelah dan mudah marah.

5. Bagaimana jika lapar di malam hari?

Manfaat makan malam lebih awalManfaat makan malam lebih awal Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Meski makan malam lebih awal direkomendasikan, namun kamu tidak disarankan untuk mengabaikan rasa lapar jika tiba-tiba datang di malam hari. Ada beberapa camilan yang bisa dikonsumsi.

Sereal, misalnya, pilih dari yang gandum utuh karena lebih rendah kalori dan lebih mudah diccerna tubuh. Nikmati dengan sedikit susu agar ada asupan protein tambahan. Bisa juga melahap Greek yogurt yang bantu menenangkan perut.

Kalau rasa lapar terus-terusan terasa di malam hari, kamu disarankan untuk memperbaiki pola makan. Perkaya asupan harian dengan tambahan serat dan protein yang membuat rasa kenyang tahan lebih lama.

Baca Juga: Lapar Jelang Tidur? Ini 8 Camilan yang Bisa Jadi Pilihan

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)