Manfaat Makan Malam Lebih Awal Bisa Turunkan Berat Badan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Jun 2020 17:30 WIB
Manfaat makan malam lebih awal Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Manfaat makan malam lebih awal ini cocok untuk kamu yang sedang berdiet. Sebab kebiasaan baik ini bisa bantu turunkan berat badan.

Manfaat makan malam lebih awal sudah banyak dipaparkan para peneliti. Terbukti kalau makan malam lebih awal baik untuk kesehatan secara menyeluruh. Bagi para pelaku diet pun ada manfaat tambahan.

Berat badan turun lebih cepat saat kamu makan malam lebih awal. Hal ini tentu membantu proses diet bagi kamu yang tengah berjuang memangkas bobot tubuh. Manfaat lainnya, bikin tidur lebih nyenyak sampai menyehatkan jantung.

detikFood (23/6) merangkum berbagai manfaat makan malam lebih awal. Yuk, simak apa saja!

1. Turunkan berat badan

Manfaat makan malam lebih awalManfaat makan malam lebih awal Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Dikutip dari NDTV Food, para pakar meyakini kalau kamu makan malam di antara pukul 6 sampai 7 malam, maka asupan kalori secara keseluruhan akan berkurang drastis. Hal ini karena kamu kemungkinan hanya mengonsumsi sedikit kalori sebab di jam tersebut biasanya belum terlalu lapar.

Selain itu, makan malam lebih awal juga membuat durasi puasa tubuh semalaman jadi lebih panjang. Hal ini membantu meningkatkan pembakaran lemak karena tubuh punya waktu lebih untuk mencapai ketosis, sebuah kondisi alami tubuh dimana tubuh membakar lemak untuk mencukupi kebutuhan energinya.

Dr. Rupali Dutta mengatakan, "Makan malam lebih awal bagus untuk pencernaan, dan segala sesuatu yang bagus untuk pencernaan itu membantu penurunan berat badan." Pasalnya semakin malam kita makan, semakin besar kemungkinan makanan ada di usus yang mempengaruhi pencernaan.

Baca Juga: 7 Manfaat Sehat Kalau Kamu Makan Malam Sebelum Pukul 19.00

Selanjutnya
Halaman
1 2 3