5 Pola Makan Cegah Kanker yang Gampang Ditiru

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Jun 2020 09:00 WIB
makan sehat Foto: iStock

4. Hindari minuman alkohol
Pola makan cegah kanker ini berkaitan dengan kebiasaan minum alkohol. Kebiasaan ini harus dipangkas kalau Anda tak mau kena kanker. Minum minuman alkohol terkait dengan risiko kanker mulut, esofagus, kolorektal, dan bahkan kanker payudara.

Anda mungkin pernah mendengar red wine bagus untuk kesehatan jantung, tapi bukti menunjukkan red wine berdampak pada risiko kanker. Pun untuk jenis minuman alkohol lainnya seperti bir dan spirit.

Kalaupun mau minum sesekali, anjuran Health Promotion Board Singapura adalah 2 gelas minuman standar per hari untuk pria dan 1 gelas untuk wanita. Jumlah standar itu adalah satu kaleng (330 ml) bir, setengah gelas (100 ml) wine, dan 30 ml liquor.

5. Jangan andalkan suplemen

ilustrasi minum vitaminFoto: ilustrasi/thinkstock

Terakhir, pola makan cegah kanker ini adalah tidak mengandalkan suplemen. Dari berbagai suplemen menggiurkan di apotek, Anda tidak perlu membeli suplemen cegah kanker.

Pasalnya tidak ada bukti konsumsi suplemen ini benar-benar membebaskan Anda dari kanker. Dampak buruknyapun lebih nyata ketimbang manfaatnya. Konsumsi suplemen beta-carotene dalam dosis tinggi misalnya, justru menaikkan risiko kanker paru-paru pada para perokok dan mantan perokok.

Selalu andalkan asupan nutrisi langsung dari sumber makanan. Kecuali ada kasus tertentu dimana seseorang membutuhkan asupan suplemen tambahan. Misalnya suplemen folat pada ibu hamil, dan lainnya.

Baca Juga: Hati-hati! Sering Konsumsi 10 Makanan Ini Bisa Picu Kanker

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com