5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Makan Tahu Setiap Hari

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 10 Jun 2020 11:30 WIB
Tahu Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita
Jakarta -

Walau bukan berupa daging, tapi tahu punya kandungan protein tinggi. Lima hal ini akan terjadi pada tubuh kalau kamu rutin makan tahu setiap hari.

Tahu merupakan salah satu bahan makanan sehat yang baik untuk tubuh. Tahu kaya akan kandungan protein karena terbuat dari kacang kedelai. Biasanya tahu jadi menu favorit para vegetarian atau vegan untuk asupan protein mereka.

Di Indonesia, tahu sangat populer untuk dikonsumsi. Biasanya tahu dipasangkan dengan tempe. Untuk mengolahnya bisa beragam cara, seperti digoreng, tumis, dicampurkan dengan sayur, dan lainnya.

Tahu juga punya beragam jenis kalau di Indonesia, ada tahu putih, tahu kuning, tahu kulit, hingga tahu sutera yang teksturnya sangat lembut. Di berbagai daerah bahkan menjadikan tahu jadi ikon makanan khas untuk menarik wisatawan dan dijadikan oleh-oleh.

Karena tahu sangat menyehatkan, pastinya punya beragam manfaat untuk tubuh. Dilansir dari Mashed (5/6), beberapa hal berikut ini dapat terjadi pada tubuh kalau kamu makan tahu tiap hari. Mulai dari mengurangi kolesterol jahat hingga risiko kanker.

Baca Juga: 5 Resep Tahu Goreng Enak Buat Ngemil Sore

1. Kadar Kolesterol Jahat Menurun

TahuTahu Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita

Kolesterol merupakan zat yang ditemukan dalam tubuh dan berguna untuk memproduksi vitamin D dan hormon lainnya. Namun jika kebanyakan kolesterol akan terjadi penumpukan plak pada arteri yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Untuk mengurangi kolesterol jahat pada tubuh, sebaiknya jalani pola hidup yang lebih sehat. Seperti mengurangi makanan berlemak dan hanya mengonsumsi makanan sehat saja. Tahu bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi dalam pola hidup sehat tersebut.

Tahu juga disebutkan terbukti dalam mengurangi jumlah kolesterol. Di dalam tahu ada kandungan bernama isoflavon (komponen protein pada tahu) yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Menurut Food and Drug Administration (FDA) isoflavon setidaknya harus dikonsumsi sebanyak 25 gram setiap harinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ampas Tahu Jadi Bolu? Enak Lho!"
[Gambas:Video 20detik]