5 Fakta Jintan Hitam, Rempah Obat Segala Penyakit Menurut Rasulullah

ADVERTISEMENT

5 Fakta Jintan Hitam, Rempah Obat Segala Penyakit Menurut Rasulullah

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 05 Jun 2020 19:30 WIB
Fakta Menarik Jintan Hitam
Foto: Getty Images/Rouzes

2. Kandungan Nutrisi Jintan Hitam

Jintan hitam punya banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Rempah yang punya nama latin Nigella Sativa ini tak hanya digunakan untuk kesehatan namun juga bumbu masakan.

Dapat digunakan untuk mengobati beragam penyakit karena di dalam jintan hitam ada banyak nutrisi baik yang terkandung. Diantaranya karbohidrat, protein, lemak sehat, asam oleat, dan asam linoleat. Ada juga kandungan mineral seperti kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan zat antioksidan.

Kandungan nutrisi pada jintan hitam bisa digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti sakit perut hingga penyakit kronis seperti darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Jintan hitam bahkan digunakan sebagai pencegah kanker.

3. Jintan Hitam Sebagai Rempah Masakan

Jintan hitam tak hanya digunakan sebagai obat mujarab untuk melawan beragam penyakit, nanun juga digunakan sebagai bumbu masakan. Yang bisa digunakan untuk bumbu masakan adalah jintan hitam yang telah diubah menjadi bubuk. Jinten yang punya aroma kuat ini kerap jadi penyedap makanan.

Fakta Menarik Jintan HitamFakta Menarik Jintan Hitam Foto: Getty Images/Rouzes

Penggunannya banyak untuk mengolah daging dimana bubuk jintan hitam ditaburkan ke atas daging untuk marinasi. Biasanya dicampurkan bersama bumbu lainnya agar rasanya makin nikmat.

Bubuk jintan hitam juga bisa digunakan untuk mengolah makanan manis. Dikutip dari beragam sumber, ternyata bubuk jintan hitam bisa digunakan sebagai bahan pembuatan permen. Jintan hitam untuk bahan permen ini banyak digunakan di India karena menghadirkan rasa dan aroma yang berbeda.

Baca Juga: Rempah-rempah Asli Indonesia yang Penuh Manfaat dan Bikin Sedap Masakan



Simak Video "Menu Nasi hingga Minuman Herbal Jadi Tren Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT