5 Cara Mudah Cukupi Asupan Nutrisi Selama Puasa

Odilia WS - detikFood Selasa, 05 Mei 2020 03:00 WIB
Smiling young woman eating fresh salad in modern kitchen Foto: iStock
Jakarta -

Menjalani ibadah puasa sekaligus menjaga stamina tubuh bisa dilakukan bersama. Ikuti cara mudah cukupi nutrisi harian agar tubuh tetap sehat.

Berpuasa di masa pandemi corona perlu siasat khusus. Karena kamu tak bisa belanja tiap hari ke pasar atau supermarket. Juga ada beberapa produk yang tak selalu tersedia di pasaran. Namun, bukan berarti kamu harus mengabaikan asupan nutrisi harian saat berpuasa.

Mengonsumsi sayuran dan buah segar tetap harus dilakukan saat berbuka puasa dan sahur. Ini untuk mendapatkan asupan serat, air, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan harian. Beberapa tips dari eatingwell (24/4) ini bisa kamu terapkan dengan mudah.



1. Konsumsi sayuran segar

Kalau kamu suka salad, jangan lupa selalu makan salad atau racikan sayuran segar dengan bumbu minimalis saat berbuka. Sayuran akan memberi asupan air, vitamin dan mineral yang mengganti energi yang hilang.

Selain sayuran, buah-buahan segar baik dikonsumsi. Jika bisa tanpa tambahan gula, saus atau pemanis lainnya. Frutosa dalam buah akan memberikan asupan energi segera.

Karenanya selalu sediakan sayuran dan buah-buahan segar dalam menu berbuka puasa. Semakin segar, tanpa diolah atau dipanaskan, nutrisinya semakin awet dan penuh.

Segar Sayuran Pecel Juga Kaya NutrisiSayuran segar. Foto: iStock



2. Pilih produk yang bernutrisi

Karena saya serap tubuh terbatas, cobalah pilih-pilih buah dan sayuran yang bernutrisi prima untuk menunjang kesehatan. Sayuran seperti wortel, tomat, brokoli, paprika, sayuran hijau, labu kuning dan ubi jalar tergolong kaya nutrisi.

Demikian juga dengan buah-buahan seperti apel, jeruk, pisang dan beragam berry yang kaya nutrisi bisa dikonsumsi. Jangan membeli jenis buah yang mudah rusak terlalu banyak. Seperti buah berry dan pisang.

3. Konsumsi makanan beku dan kalengan

Jika tak bisa tiap minggu belanja produk segar, makanan beku dan kalengan bisa jadi pilihan. Bahan makanan berkualitas terbaik yang biasanya dipilih untuk dikemas kaleng atau dibekukan. Jangan ragu akan nilai nutrisinya.

Tomat kalengan justryu lebih kaya lycopene dan antioksidan dibandingkan tomat segar. Buah-buahab beku atau kalengan juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk mencukupi asupan harian.

makanan kalengMakanan kaleng Foto: Thinkstock



4. Jangan lupakan buah segar

Selalu sediakan buah segar dalam menu berbuka puasa. Makanan sehat selalu dikaitkan dengan sayuran. Padahal buah juga memberikan asupan antioksidan, vitamin, mineral dan serat.

Memang buah segar reputasinya tak sebagus sayuran segar. Ini karena sejumlah buah segar mengandung gula alami yang banyak dihindari orang. Manfaatkan buah yang dibekukan untuk membuat smoothies yang sehat tanpa tambahan gula.

yogurt halalYogurt dan susu. Foto: iStock/Business Korea



5. Makanan lain yang kaya nutrisi

Selain buah dan sayuran segar ada banyak bahan makanan kaya nutrisi. Seperti kacang-kacangan; kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai juga memberi asupan protein,vitamin, serat dan mineral.

Demikian juga dengan yogurt yang mengandung probiotik, kalsium dan vitamin D. Olahan susu lainnya yang kaya nutrisi adalah keju. Manfaatkan juga ikan segar dan kalengan untuk melengkapi asupan nutrisi harian.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)