Kenapa Air Mineral Punya Rasa Manis atau Asam?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 30 Apr 2020 10:30 WIB
Halaman 4 dari 6
air mineral Foto: iStock

3. Air mineral mengaktivasi persepsi rasa asam
Manusia mampu mengecap 5 rasa yaitu pahit, manis, asam, asin, dan umami. Tiap jenis rasa itu mengaktivasi bagian otak berbeda. Air mineral diyakini mengaktivasi persepsi rasa asam manusia.

Penelitian tahun 2017 pada tikus mengungkap karena rasa asam itulah, tikus minum lebih banyak air untuk menghidrasi tubuh mereka. Ketika rasa manis dan asam diaktivasi secara manual, ternyata tikus memiliki perilaku minum berbeda.

Untuk cecapan rasa asam, bagian otak yang teraktivasi adalah amygdala. Area ini terlibat dalam pemrosesan emosi dan memori kerja. Peneliti lantas meyakini kaitan persepsi rasa air mineral berkembang.

Manusia lantas bisa mencecap rasa tertentu, seperti pahit yang mereka asosiasikan pada kualitas air mineral buruk atau bahkan beracun. Tubuh ternyata mampu mengenali rasa yang tidak biasa. Secara naluriah kemudian tubuh memuntahkannya untuk hindari kemungkinan infeksi.

Pada intinya, tubuh berevolusi untuk menyadari rasa tertentu. Hal ini bisa membuat berbagai jenis rasa air terasa berbeda satu sama lain, dan reaksi emosional yang terkait dengan selera tersebut juga dapat memengaruhi persepsi rasa secara keseluruhan.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com