Seputar Teh Omija asal Korea yang Mengandung Banyak Khasiat

Puti Yasmin - detikFood Senin, 06 Apr 2020 13:00 WIB
Omija Teh Omija/Foto: istimewa
Jakarta -

Teh omija menjadi salah satu minuman khas asal Negeri Ginseng. Minuman ini memiliki banyak khasiat sehingga rutin dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Korea.

Omija adalah buah yang berbentuk seperti berry. Omija memiliki nama lain, yakni schisandra chinensis. Buah ini pertama kali ditemukan di pulau Jeju dan dikonsumsi dengan cara dikeringkan untuk dibuat menjadi teh.

Teh OmijaTeh Omija Foto: istimewa


Fakta-fakta teh Omija:

1. Meningkatkan Imun

Teh omija disebut-sebut memiliki manfaat untuk kesehatan, misalnya meningkatkan imun di dalam tubuh. Selain itu, minuman ini juga bisa mengatasi penyakit batuk dan pernapasan lainnya.

2. Jadi Bahan Kosmetik

Selain banyak dikonsumsi sebagai minuman, teh omija juga dijadikan bahan kosmetik. Lagi-lagi, hal itu karena kandungan manfaat di dalam buah omija yang dapat mencerahkan kulit.

3. Punya 5 Rasa

Buah omija memiliki lima rasa berbeda, yakni manis, asin, asam, pedas, dan pahit. Maka dari itu, nama omija terdiri dari berbagai makna, yakni 'O' berarti lima, 'Mi' berarti rasa, dan 'Ja' berarti buah.

Teh OmijaTeh Omija Foto: istimewa

4. Berwarna Merah

Buah omija bila dijadikan teh akan menghasilkan warna merah. Jika ingin mengosumsinya, kamu bisa mengeringkan buah omija dan merendamya hingga air berubah warna menjadi kemerahan.

5. Bisa Dicampur ke Makanan

Selain dijadikan teh, buah omija juga biasa dicampurkan ke dalam makanan untuk menambah cita rasa. Makanan Korea yang biasa ditambahkan omija, seperti kimchi, dakgalbi, hingga tteokbokki.



Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Korean Garlic Cheese Bread"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/lus)