Tips Makan Nasi Padang Rendah Kalori ala Penyiar Kemal Mochtar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 15 Mar 2020 14:00 WIB
Kemal Mochtar Foto: Instagram dan YouTube Kemal Food Channel
Jakarta -

Tips makan nasi Padang ini bisa dimanfaatkan kamu yang sedang diet. Menunya rendah kalori seperti yang dituturkan penyiar Kemal Mochtar berikut.

Nasi Padang identik sebagai 'comfort food' orang Indonesia. Hampir semua orang rasanya doyan racikan nasi khas ranah Minang ini. Sayang di balik kenikmatannya, nasi Padang tergolong menu tinggi kalori.

Nasi Padang biasanya disiram kuah gulai dan diberi lauk gurih kaya santan yang membuatnya tinggi kalori. Tak perlu khawatir, kamu yang sedang diet bisa coba tips makan nasi Padang dari Kemal Mochtar.

Tips Makan Nasi Padang Rendah Kalori ala Penyiar Kemal MochtarFoto: Instagram dan YouTube Kemal Food Channel


Sebelumnya penyiar radio kondang ini sudah sukses menurunkan berat hingga 56 kilo gram! Pola makannya diatur ahli gizi, namun menurutnya tidak menyiksa. Buktinya sekarang ia membuka restoran nasi Kapau yang identik dengan lauk pauk tinggi kalori.

"Gue punya prinsip 'Eat anything you want but not as much as you want'," ujar Kemal pada detikFood (11/3). Ia tetap bisa makan nasi Padang, fried chicken, burger, sampai mie instan yang sering membuat orang merasa 'berdosa' usai menyantapnya. Hanya saja kembali ke porsi yang diatur.

Tips Makan Nasi Padang Rendah Kalori ala Penyiar Kemal MochtarFoto: Istimewa


Kemal juga menyayangkan orang-orang yang kini cenderung 'menyalahkan' makanan. "Contoh mereka taruh foto mie instan di media sosial terus kasih tulisan 'dosa'. Dosanya dimana? Mie instan cuma 300 kalori, kita kebutuhan 2.000 kalori. Kita dosa dimana?," kata penyiar ramah ini.

"Kecuali kalau lo makan itu sebagai snack, padahal udah makan pagi, siang, sore, dan kalori sudah tercukupi. Lo masih makan itu, ya dosa, tapi dosanya di lo. Bukan di makanannya. So stop blaming the food. Itu yang harus diubah oleh masyarakat Indonesia," lanjutnya.

Baca Juga: Kepo Diet Kemal Mochtar? Ini Nih Penjelasan dari Orangnya Langsung

Tips Makan Nasi Padang Rendah Kalori ala Penyiar Kemal MochtarFoto: dok. detikFood


Mengenai nasi Padang, Kemal bilang mereka yang sedang diet tetap bisa pilih menu rendah kalori. "Nasi, ayam bakar, dan sayur. Sayur ambil jangan yang berkuah seperti daun singkong. Kuahnya bisa ditumpahin di nasi aja," tutur Kemal memberi contoh.

Pria 39 tahun ini juga mengatakan, kalau mau rendang menunya cukup nasi dan rendang saja karena rendang sudah tinggi kalori.

"Kadang gue juga mau paduan lauk kayak rendang sama gulai otak enak nih ya. Tapi kan kita harus jaga kalori. Gue ga menyarankan makan ini 3 kali sehari, nggak juga. Tapi kan kita tahu otak berapa kalori, rendang berapa kalori. Artinya paginya kita rem, malamnya gue dikitin porsi gue. Its all like that, jadi stop blaming the food," lanjutnya.

Tips Makan Nasi Padang Rendah Kalori ala Penyiar Kemal MochtarFoto: dok. detikFood


Penggantian nasi putih menjadi nasi merah atau bahkan nasi hitam menurut Kemal tak perlu dilakukan. "Karena buat nurunin badan, buat gue itu nggak ngaruh. Menurut ahli gizi gue juga bilang nggak ngaruh," katanya.

"Nasi putih nggak usah banyak-banyak. Balik lagi ke porsi, lo dapet kenikmatannya. Daripada lo makan nasi merah duh kurang nikmat. Kurang pulen, dan sebagainya. Tuhan sudah menciptakan orang-orang jenius di belakang dapur, nikmatilah. Tapi bagaimana cara kita menikmatinya," pungkas Kemal.

Baca Juga: Sukses Turunkan Berat Badan 56 kg, Ini Pola Makan Kemal Mochtar



Simak Video "Menjajal Makanan di Resto Atta Halilintar, Enak Nggak Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)