Sukses Turunkan Berat Badan 56 kg, Ini Pola Makan Kemal Mochtar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 12 Feb 2019 16:10 WIB
Foto: Instagram dan YouTube Kemal Food Channel Foto: Instagram dan YouTube Kemal Food Channel
Jakarta - Penyiar radio Kemal Mochtar sukses memangkas berat badannya hingga 56 kg dalam setahun. Ia mengungkap kiat plus pilihan makanannya.

Melalui saluran YouTube pribadinya, Kemal Food Channel, ia menceritakan kisah dietnya selama 1 tahun terakhir. Video ini berjudul "Diet Kemal dari 120kg - 64 kg" yang diunggah pada 4 Februari lalu.

"Banyak banget yang minta gue ngevlog tentang diet gue. Gimana berat badan gue bisa turun sampe sekarang segini. Gue akan kasih tahu apa yang gue makan," katanya di awal video. Hanya saja Kemal menekankan orang lain tak boleh mengikuti pola dietnya.

Sukses Turunkan Berat Badan 56 kg, Ini Pola Makan Kemal MochtarFoto: Instagram dan YouTube Kemal Food Channel

Ia melanjutkan, "Ini semua adalah arahan dari dokter. Gue ngikutin arahan dokter. Jadi kalau lo ngikutin, lo salah. Lo ga bisa ngikutin karena kita beda. Beda umur, gender, tekanan darah, dan kegiatan. Artinya jumlah, jenis makanan, dan jam makannya juga beda." Pria plontos ini memperkenalkan prinsip 3 J yaitu jam, jenis, dan jumlah makan yang harus tepat. "Jangan ditiru, silakan konsultasi dengan dokter gizi," ujarnya.

Sarapan pukul 8 pagi, Kemal menyantap selembar roti gandum. Suami Yanthi Rachmaningtyas ini mengatakan, "Untuk diet komitmen nomor 1, gue beli toaster yang simple dan bisa dibawa kemana-mana. Makannya on time jam 8. Ini doang, nggak boleh apa-apa. Kenapa harus makan on time? Prinsip makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang itu tepat supaya asupannya pas."

Pantangan Kemal dalam diet antara lain minyak, santan, mentega, susu, dan gula. "Kalau gula bolehnya gula diet," sambungnya.

Sukses Turunkan Berat Badan 56 kg, Ini Pola Makan Kemal MochtarFoto: Instagram dan YouTube Kemal Food Channel

Pukul 10 pagi ia ngemil dua putih telur rebus. "Boleh kasih garam, pakai sambal, atau kecap. Ini snack sebelum makan siang. Nikmatin aja. Dua butir nggak pake kuning-kuning," katanya.

Untuk makan siang, Kemal makan tepat di pukul 12.30 siang. Kemal berujar, "Gue kemana-mana selalu bawa bekal yang bisa jadi pemanas. Bekal hari ini isi semur ayam dan brokoli. Ada ukurannya, sesuai arahan dokter gue disaat berat badan gue segini." Menurutnya penting untuk makan perlahan alias tidak terburu-buru.

Untuk camilan, pukul 4 sore Kemal kembali makan satu lembar roti gandum. Sementara makan malam pada pukul 7. "Sebelum makan di luar, riset dulu menu apa yang bisa dimakan," tuturnya. Bersantap di restoran sushi, Kemal ditemani sang istri hanya pesan salmon sashimi, nasi putih, dan tahu.

Sukses Turunkan Berat Badan 56 kg, Ini Pola Makan Kemal MochtarFoto: Instagram dan YouTube Kemal Food Channel

"Sebelum makan ditimbang. Semuanya ditimbang. Nanti gue aduk semuanya, gue bikin poke bowl. Tambahin kecap manis dan kecap asin, bubuk cabe, terus tinggal di mix," jelasnya. Kemal pun benar-benar membawa timbangan mini untuk mengukur porsi makannya.

Pola makan Kemal berakhir di pukul 9 malam. Ia mengonsumsi roti yang diberikan dokter. Kalau tidak ada roti tersebut, ia akan menggantinya dengan selembar roti gandum, hanya saja juga tak boleh terlalu tebal atau besar.

"Ini petunjuk dokter gue, jangan diikutin, cari ahli gizi. Semuanya pakai niat," pungkas Kemal. Ia pun menyemangati para followersnya yang juga sedang berjuang menurunkan berat badan.

(adr/odi)