ADVERTISEMENT

Apa Benar Minum Teh Bisa Cegah Infeksi Virus Corona?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 05 Mar 2020 05:30 WIB
Apa Benar Minum Teh Bisa Cegah Infeksi Virus Corona?
Foto: iStock

5. Cara menyeduh teh daun dan teh celup
Teh ada banyak jenisnya, namun yang umum dinikmati di Indonesia adalah teh hitam (black tea) dan teh hijau (green tea). Tersedia dalam bentuk teh daun atau teh kantong atau teh celup.

Untuk teh hitam versi celup, memerlukan air panas bersuhu 95 C untuk menyeduhnya. Caranya, masukkan 1 kantong teh hitam celup ke dalam cangkir. Kemudian tuangi air panas. Waktu seduhnya sekitar 3-4 menit. Kalau mau lebih pekat, maksimal 5 menit.

Bagaimana dengan teh hitam daun? Gunakan 1 sendok teh atau sekitar 2-2,5 gram daun teh. Seduh dengan air bersuhu 90-100 C. Kemudian diamkan selama 3-4 menit juga. Saring daun teh lalu nikmati tehnya.

Untuk teh hijau versi celup, gunakan air bersuhu 70-80 C. Gunakan 1 kantong teh celup untuk 1 cangkir supaya rasanya maksimal. Diamkan teh dalam air sekitar 2-3 menit. Setelah itu, putar dulu teh celup supaya tercampur dengan rata. Kemudian angkat kantung teh dan nikmati.

Teh hijau versi daun memerlukan teknik berbeda. Takarannya 1 gram daun teh diseduh dalam 100 cc air. Suhu terbaiknya 70-75 C. Kemudian diamkan selama 2,5 sampai 3 menit. Terakhir, saring dan nikmati.

Baca Juga: Ini Cara Benar Menyeduh Teh Hijau Celup dari Ahli Teh

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT