Jaga Daya Tahan Tubuh, Yuk Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini!

Abu Ubaidillah - detikFood Rabu, 04 Mar 2020 13:04 WIB
Beras Merah Foto: shutterstock
Jakarta -

Di tengah kesibukan menjalani rutinitas sehari-hari, kadang seseorang sampai melupakan kondisi kesehatannya sendiri. Padahal tanpa tubuh yang bugar, rutinitas pasti akan terganggu.

Apalagi akhir-akhir ini ancaman virus corona semakin meresahkan masyarakat. Bahkan, virus yang berawal dari Wuhan, China itu kini sudah menyebar ke Indonesia.

Sebagai orang yang punya aktivitas padat terutama di lingkungan publik, Anda perlu menjaga daya tahan tubuh agar terbebas dari ancaman virus dan bakteri. Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang bermanfaat menjaga kebugaran tubuh seperti dilansir dari NDTV berikut:

1. Beras Merah

Berbeda dengan beras putih, beras merah memiliki lebih sedikit pati sehingga lebih mudah dicerna. Selain itu, sumber karbohidrat ini juga kaya akan serat dan vitamin B untuk memberi energi lebih pada tubuh.

2. Telur

Telur merupakan sumber protein terbaik untuk membangun stamina tubuh. Selain untuk membakar kalori, mengonsumsi sebutir telur sehari dapat menghindarkan kita dari kelelahan.

3. Ikan

Ikan kaya akan protein dan vitamin D. Dalam 100 gram ikan terkandung hampir 50% dari kebutuhan protein harian orang dewasa. Mengonsumsi ikan secara rutin tentu akan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Sayuran Hijau

Kelelahan dapat terjadi karena kurangnya stamina. Dan kurangnya stamina bisa timbul karena kekurangan zat besi. Sayuran hijau menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan zat besi untuk menambah jumlah sel darah merah dan membantu sirkulasi darah dan oksigen ke tubuh.

5. Jeruk

Penambahan dosis vitamin C dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah jeruk terbukti kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan energi serta membersihkan racun dalam tubuh.

6. Pisang

Pisang mengandung potasium, karbohidrat kompleks, dan serat. Buah ini terkenal sebagai penambah energi bagi tubuh. Konsumsilah pisang secara cukup untuk membantu mengatasi kelelahan.

Jangan khawatir apabila tidak memiliki waktu untuk berbelanja, karena Grab menyediakan layanan pesan antar makanan hanya melalui smartphone pada genggaman tangan tanpa perlu keluar rumah.

Anda dapat memesan bahan-bahan makanan segar melalui fitur GrabFresh pada menu Groceries yang bekerja sama dengan banyak supermarket di Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat memesan hasil olahan berupa makanan dan minuman melalui fitur GrabFood.

Jangan lupa untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar daya tahan tetap terjaga.



Simak Video "Nyam! Kreasikan Isi Burgermu Sendiri di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)