Pencinta Kopi, Minum Kopi Terbukti Bikin Tulang Lebih Kuat dan Sehat

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 14 Feb 2020 05:30 WIB
A cup of cappuccino with coffee beans Foto: iStock
Jakarta -

Penelitian baru ini menambahkan deretan manfaat sehat minum kopi. Mereka yang rajin minum kopi terbukti punya tulang lebih kuat dan sehat.

Minum kopi di pagi hari jadi ritual banyak orang di dunia. Kandungan kafein dalam kopi diandalkan untuk bikin melek dan berenergi. Karenanya hingga kini kopi tetap jadi minuman populer di dunia, apapun racikannya.

Mengenai manfaat minum kopi bagi kesehatan juga sudah banyak dibahas peneliti melalui beragam penelitian. Riset yang terakhir mengaitkan minum kopi dengan kesehatan jantung. Seperti riset tahun 2012 yang dilakukan National Institute od Health. Mereka meneliti 400.000 orang Amerika yang rutin minum kopi jarang meninggal karena penyakit jantung, stroke atau diabetes. Dibandingkan dengan bukan peminum kopi.

Pencinta Kopi, Minum Kopi Terbukti Bikin Tulang Lebih Kuat dan SehatFoto: iStock



Studi yang lain pada tahun 2017 yang melibatkan 500.000 orang Eropa juga menyimpulkan hal yang sama. Fokus pada efek minum kopi pada penyakit jantung penelitian pada tahun 2017 yang mengulas 200 studi menyimpulkan hal yang sama. Orang yang minum kopi 3-4 cangkir per hari, punya risiko 19% lebih kecil meninggal karena penyakit kardiovaskular.

Sementara itu riset pada tahun 2018 mengenai jaringan tubuh manusia menyimpulkan konsumsi 4 shot espresso setiap hari berdampak baik untuk kesehatan. Karena kopi bisa menjaga sel-sel tertentu tetap muda dan kuat.

Dilansir dari Insider dan news10 (11/2) penelitian terakhir yang dilakukan oleh University of Hong Kong menyebutkan kaitan minum kopi dengan kondisi tulang kuat dan sehat. Hal ini dibuktikan melalui penelitian terhadap 564 orang China dewasa yang menjalani penelitian osteoporosis (keropos tulang).

Pencinta Kopi, Minum Kopi Terbukti Bikin Tulang Lebih Kuat dan SehatFoto: iStock



Penelitian yang melibatkan orang yang rutin minum kopi dan tidak. Mereka menemukan mereka yang rutin minum kopi punya kemampatan mineral tulang lebih tinggi dan tulang yang kuat.

Peneliti mengidentifikasi 3 molekul khusus yang berkaitan dengan konsumsi kopi dan tulang kuat. Penelitian ini memang realtif kecil dan hanya berdasarkan laporan individu tentang konsumsi kopi. Tetapi para ahli yang tidka terlibat penelitian ini sudah cukup bukti dan menguatkan penelitian sebelumnya tentang konsumsi kopi dan kesehatan tulang.

Dalam rilisnya, Dr Chad Deal, dari Cleveland Clinic, yang tak ikut dalam penelitian menyebutkan penemuan ini merupakan kabar baik buat pencinta kopi. Penelitian ini sekali lagi membuktikan konsumsi kopi menyehatkan dan menguatkan tulang.



Simak Video "Ada Ayam Berbumbu Kopi, Seperti Apa Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)