Susu Kerbau Tak Kalah dari Susu Sapi, Sehatkan Tulang hingga Jantung

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 10 Feb 2020 06:30 WIB
Halaman 2 dari 6
susu kerbau Foto: iStock

1. Apa Itu Susu Kerbau?

Susu kerbau sudah pasti berasal dari kerbau. Susu kerbau ini memang tidak sepopuler susu sapi yang banyak dikonsumsi maupun diolah. Kerbau sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu sungai dan rawa. Dan kerbau yang digunakan untuk diperah susunya adalah jenis kerbau sungai, sedangkan jenis kerbau rawa digunakan sebagai hewan ternak untuk diambil dagingnya.

Di beberapa negara, susu kerbau juga banyak digunakan bahkan diolah lalu diperjual-belikan. Negara yang paling besar menggunakan susu kerbau untuk keperluan sehari-hari adalah India dan Pakistan, kedua negara tersebut pun memproduksi sekitar 80% susu kerbau. Negara lainnya adalah China, Mesir, dan Nepal yang juga lebih banyak memerah susu kerbau dibandingkan sapi.

Kandungan nutrisi susu kerbau tidak jauh berbeda dari susu sapi. Hanya saja kandungan nutrisinya lebih banyak, seperti lebih banyak mengandung proein, lemak, dan laktosa. Selain itu kalorinya pun lebih tinggi dari susu sapi, jika susu sapi hanya 149 kalori sedangkan susu kerbau 237 kalori.

(yms/adr)