Susu Bukan Satu-satunya Makanan Sumber Kalsium

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 17 Apr 2019 15:25 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Minum susu dipercaya dapat memperkuat tulang. Tapi apakah benar demikian dan apa alasannya?

Susu yang mengandung kalsium sering dikaitkan dengan kesehatan tulang dan gigi. Tapi apakah benar, susu dapat memperkuat tulang?

Studi ini sedang meriset dengan mengambil dua kelompok secara acak dan menugaskan setiap anggota satu kelompok untuk minum susu setiap hari selama beberapa dekade. Sedangkan kelompok lain akan minum semacam plasebo susu sebagai gantinya.

Baca Juga: Tak Sikat Gigi Usai Minum Susu, Bocah Ini Kehilangan 18 Buah Giginya

Dan yang terjadi dalam penelitian yang telah diterbitkan Universitas Harvard pada tahun 1997, para peneliti tidak menemukan perbedaan yang signifikan dari besar lengan atau pinggul antara mereka yang minum satu gelas susu atau kurang dalam seminggu dengan mereka yang minum dua gelas susu atau lebih.

Susu Bukan Satu-satunya Makanan Sumber KalsiumFoto: iStock

Ketika tim melakukan penelitian serupa dengan 330.000 pria, lagi-lagi susu tampaknya tidak membuat perbedaan pada tingkat patah tulang.

Pada 2015 sebuah tim di Selandia Baru meninjau dan menganalisis ulang 15 studi ini. Mereka menemukan bahwa selama dua tahun ada peningkatan kepadatan tulang, tetapi setelah itu peningkatan itu berhenti.

Alternatif lain adalah dengan mengonsumsi suplemen kalsium. Dan lagi-lagi mereka menemukan bahwa peningkatan kekuatan tulang berhenti setelah satu atau dua tahun. Ternyata suplemen kalsium hanya bisa memperlambat hilangnya kepadatan mineral tulang di usia tua.

Ketika berbagai negara telah memeriksa data yang sama, mereka memiliki kesimpulan yang sangat berbeda tentang asupan kalsium yang telah direkomendasikan.

Lalu pada tahun 2014 datanglah hasil dari dua penelitian besar Swedia yang membuat berita bahwa minum lebih dari tiga gelas susu sehari, tidak membuat tulang kuat.

Susu Bukan Satu-satunya Makanan Sumber KalsiumFoto: shutterstock

Untuk penelitian itu, para peneliti di Universitas Uppsala dan Institut Karolinska memberikan kuesioner kepada orang-orang tentang konsumsi susu mereka pada tahun 1987 dan lagi pada tahun 1997. Orang-orang terkejut mendengar bahwa minum segelas susu sehari tampaknya akan membuat tulang tidak kuat sebagaimana mestinya dan mengakibatkan kematian dini.

Tetapi Anda tetap boleh minum susu sebagaimana mestinya, walaupun mungkin memang tidak memiliki manfaat untuk kesehatan tulang.

Selain dari minum susu, Anda juga bisa menjaga tulang tetap kuat melalui metode lain seperti berolahraga dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin D atau dari sinar matahari pagi.

Baca Juga: Makanan Sumber Vitamin D Ini Wajib Dikonsumsi (lus/lus)