Tak Sikat Gigi Usai Minum Susu, Bocah Ini Kehilangan 18 Buah Giginya

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 12 Apr 2019 11:20 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Kisah anak berusia 4 tahun ini bisa jadi tamparan keras bagi para orang tua. Sebab bocah itu harus merelakan 18 giginya lantaran tak pernah menyikat gigi usai minum susu.

Memperhatikan kesehatan gigi dan mulut amatlah penting. Sebab gigi jadi alat terpenting yang digunakan saat mengasup makanan ke dalam tubuh. Kunyahan makanan bertekstur keras amat membantu kinerja usus atau proses pencernaan.

Karenanya pastikan Anda menyikat gigi dengan rutin. Jika tidak, Anda bisa saja mengalami hal seperti bocah lelaki asal Thailand ini. Dikutip dari Asia One (10/4), di usianya yang masih 4 tahun, bocah malang ini harus rela kehilangan sebanyak 18 buah giginya.

Tak Sikat Gigi Usai Minum Susu, Bocah Ini Kehilangan 18 Buah GiginyaFoto: Istimewa

Itu akibat dirinya tak pernah menyikat gigi usai minum susu. Ia juga sering tertidur dengan botol susu yang masih terpasang di dalam mulutnya. Karenanya, susu yang tersisa mulai membusuk di dalam mulutnya. Kisahnya dibagikan langsung oleh dokter gigi yang melakukan operasi cabut gigi terhadapnya.

Baca juga: Agar Gigi Tak Berlubang, Dokter Gigi Anjurkan Untuk Konsumsi Makanan Ini

"Pagi ini bersama pasien berusia 4 tahun. Sebanyak 18 buah gigi dicabut dari total 20 buah gigi yang ada. Saya memikirkan bagaimana caranya dirinya makan," bunyi sebagian kalimat yang dituliskan dokter gigi di wilayah Phuket bernama Sathian Ken Suravisankul di laman Facebook pribadinya pada senin lalu. Dari situ diketahui bahwa kini bocah itu hanya memiliki dua buah gigi.

Tak Sikat Gigi Usai Minum Susu, Bocah Ini Kehilangan 18 Buah GiginyaFoto: Istimewa

Unggahan itu pun viral dan dibagikan sebanyak 3500 orang. Dalam unggahannya Sathian tidak menyalahkan pihak orang tua bocah lelaki itu. Sebab menurutnya, tiap orang tua pasti sudah melakukan hal yang terbaik bagi anaknya.

Hanya saja sebagai dokter gigi, Sathian mengimbau agar para orang tua tidak membiarkan anak-anak mereka menggunakan botol susu dan dot dalam waktu yang lama. Ia juga mendorong para orang tua untuk memberi tahu anak-anak mereka soal pentingnya menyikat gigi secara teratur.

Baca juga: Ini Nih 9 Makanan yang Bikin Gigi Lebih Putih dan Sehat! (dwa/odi)