Diejek Gemuk, Wanita Ini Jalankan Pola Makan Sehat Hingga Turun 55 Kg

Riska Fitria - detikFood Selasa, 21 Jan 2020 14:45 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Tips pola makan sehat dibagikan oleh wanita asal Amerika yang sebelumnya bertubuh gemuk. Kini berkat pola makan sehat itu ia berhasil menurunkan bobotnya hingga 55 kg.

Adalah Gessica seorang wanita berusia 25 yang tinggal di Michigan, Amerika Serikat. Dulu, saat usianya 17 tahun ia memiliki pola makan yang buruk sehingga membuat berat badannya mencapai 114 kilogram. Hal tersebut membuat dirinya diejek bertubuh gemuk oleh orang di sekitarnya.

Bahkan keluarganya pun turut mengejek dengan mengatakan tubuhnya akan meledak jika terus makan. Perlakuan keluarga baru setelah ibunya menikah lagi membuat dirinya selalu diabaikan. Setiap kali merasa kesepian, hanya makanan yang menjadi penghibur.
Diejek Gemuk, Wanita Ini Jalankan Pola Makan Sehat Hingga Turun 55 KgPola makan sehat untuk menurunkan berat badan Foto: Istimewa

Gessica memang mengakui bahwa dirinya sangat menyukai makan. Namun, pola makan yang dijalani oleh Gessica sangat buruk. Dia makan lebih dari 4.000 kalori sehari. Saat sarapan ia makan double muffin cokelat dan susu atau jus jeruk.

Kemudian saat makan siang ia mengonsumsi ham dan keju, keripik dan jus. Untuk makan malam dia makan steak daging babi dengan roti, kentang tumbuk dan roti gulung sebanyak 3 buah. Belum lagi camilan sepanjang hari semangkuk pasta, roti, keripik kentang, sandwich cokelat hingga minuman bersoda.

Hingga akhirnya ia menyadari bahwa pola makan tersebut dapat membahayakan kesehatan dirinya. Sampai akhirnya ia mulai menjalani pola makan sehat. Hal pertama yang dilakukan adalah mulai memperbanyak langkah kaki dengan berjalan hingga mengurangi asupan kalori pada makanan.
Diejek Gemuk, Wanita Ini Jalankan Pola Makan Sehat Hingga Turun 55 KgFast food jadi salah satu pola makan buruk Foto: iStock

Baca Juga : Tanpa Diet, Ini 5 Tips Turunkan Berat Badan Tiap Kali Makan

"Aku melakukan semuanya secara alami, aku tidak meninggalkan makanan-makanan yang aku suka, aku hanya makan lebih sedikit dari biasanya," ujar Gessica.

Seperti saat sarapan ia memilih oatmeal dengan satu sendok makan selai kacang. Kemudian untuk makan siang ia makan enchilada buatan sendiri. Makan makan dengan daging kalkun dan burger dengan roti yang rendah karbohidrat.

Dalam menjalani pola makan sehat itu, Gessica juga masih tetap ngemil. Hanya saja camilannya lebih sehat berupa kue buah dan camilan yang mengandung protein. Tak hanya itu ia juga memperbanyak latihan fisik seperti berolahraga di gym.
Diejek Gemuk, Wanita Ini Jalankan Pola Makan Sehat Hingga Turun 55 KgContoh makanan untuk pola makan sehat Foto: Istimewa

Pola makan sehat itu membuat Gessica berhasil menurunkan berat badan sampai 55 kilogram. Sekarang berat badan Gessica hanya 58 kilogram saja. Tampilannya menjadi berubah, ia menjadi lebih langsing dan tampak lebih cantik.

Keberhasilannya dalam menurunkan berat badan membuat Gessica menyarankan kepada banyak orang untuk menjalankan pola makan sehat. Menurutnya menurunkan berat badan bukan merupakan masalah yang rumit.
Diejek Gemuk, Wanita Ini Jalankan Pola Makan Sehat Hingga Turun 55 KgFoto: Istimewa

"Mulailah dari yang sederhana dan dari tempat yang positif. Jika Anda tidak tahu apa-apa lagi, mulailah berjalan dan ambil sedikit makanan untuk setiap kali makan. Anda akan belajar lebih banyak tentang olahraga dan nutrisi di sepanjang jalan. Yang terpenting, tetaplah positif dan percayalah pada diri sendiri bahwa Anda bisa melakukan ini," tutur Gessica.

Baca Juga : Mau Berat Badan Cepat Turun? Ini 5 Tips Praktisnya

Simak Video "Menyantap Makanan Khas Jepang di Atas Tikar Tatami"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)