Tren Makanan 2020

Pola Makan Intuitif Diprediksi Bakal Tren, Kenali Faktanya!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 13 Jan 2020 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pola makan intuitif disebut-sebut sebagai diet sehat yang patut dicoba di tahun 2020. Sebenarnya apa itu pola makan intuitif?

Dilansir dari Huff Post (7/1), 'intuitive eating' disebut-sebut lebih baik daripada diet lain untuk menurunkan berat badan. Padahal pola makan 'intuitive eating' ini tidak membatasi porsi makan sama sekali, jadi Anda bisa tetap makan dalam porsi biasa dan makan apa saja.

Lalu kenapa 'intuitive eating' disebut baik? Ini karena dalam 'intuitive eating', Anda hanya makan saat merasakan lapar saja. Karena rasa lapar merupakan dorongan alami untuk makan yang dirasakan oleh semua orang, dan dalam 'intuitive eating' ini tidak ada pembatasan sama sekali.

Pola Makan Intuitif Diprediksi Bakal Tren, Kenali Faktanya!Foto: iStock

Meskipun terlihat tidak begitu efektif namun kebalikannya, pola makan intuitif ini lebih baik dan memiliki beberapa manfaat. Menurut Christy Harrison seorang editor majalah makanan mengatakan kalau diet biasa hanya akan memberikan obsesi, bahkan dengan diet itu dapat berpengaruh pada waktu, finansial, kesejahteraan serta kebahagiaan Anda. Sementara pola makan intuitif ini bisa jadi pilihan saat ingin hidup lebih sehat.

Baca Juga: Kurangi Porsi Makan Ternyata Tak Bikin Berat Badan Turun

Pola makan intuitif ini mengajak Anda untuk lebih berdamai dengan makanan dan meminta Anda untuk lebih menikmati makanan bukan memaksa makanan masuk ke dalam tubuh padahal tidak kita inginkan. Pola makan ini juga mengajarkan apapun makanan yang masuk ke dalam tubuh harus disyukuri nikmatnya.

Selain dapat menikmati makanan Anda, dengan pola makan intuitif ini Anda akan mengetahui secara sadar kapan Anda merasa kenyang. Dan saat itu pula Anda akan terbiasa makan dengan cukup. Caranya cukup mudah, karena Anda hanya perlu menikmati makanan, seperti tidak menonton televisi saat makan atau melakukan aktivitas lainnya sambil makan.

Saat Anda sudah terbiasa makan dengan cukup melalui pola makan intuitif, Anda akan lebih menghargai tubuh. Dan Anda tidak terlalu obsesi pada diet yang seringkali dapat membuat stres para pelakunya. Tubuh juga lebih bugar dan sehat.

Pola Makan Intuitif Diprediksi Bakal Tren, Kenali Faktanya!Foto: iStock

Selain dapat mengurangi rasa stres, pola makan intuitif ini juga dapat mengurangi kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita.

Baca Juga: Ingin Punya Perut Rata Seperti Beyonce dan Megan Fox? Tiru Pola Makan Mereka (1)

Simak Video "Mengintip Pembuatan Kue Keranjang dengan Resep dari Tiongkok"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)