Rutin Minum Kopi Bisa Cegah Berat Badan Naik Selama Liburan

Riska Fitria - detikFood Jumat, 27 Des 2019 16:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Waktu liburan biasanya berat badan menjadi naik. Namun, peneliti menyebutkan bahwa minum kopi dapat mencegah kenaikan berat badan selama liburan. Benarkah?

Selama ini kopi dikenal sebagai minuman yang menyehatkan, karena di dalamnya mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuh. Antioksidan tersebut bahkan bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Illinois menemukan fakta terbaru tentang manfaat kopi. Menurut penelitian tersebut, kafein yang terkandung di dalam kopi dapat berperan untuk mencegah kenaikan berat badan, lapor New York Post (24/12).
Rutin Minum Kopi Bisa Cegah Berat Badan Naik Selama LiburanFoto: iStock

"Mengonsumsi kafein dapat membatasi kenaikan berat badan dan produksi kolesterol, bahkan saat makan makanan tinggi lemak dan gula," tutur para peneliti.

Penelitian itu dilakukan dengan menggunakan tikus. Tikus tersebut kemudian diberi makan berupa 40% hingga 45% karbohidrat dan hanya 15% protein selama empat minggu. Selain itu, tikus-tikus juga diberi teh yang kaya akan phytochemical, flavonoid, asam amino dan kafein sebanyak 65 miligram hingga 130 miligram.

Baca Juga : Ini 5 Pola Diet yang Berhasil Menurunkan Berat Badan

Pada akhir percobaan, para peneliti menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi kafein memiliki jumlah lemak tubuh yang jauh lebih rendah. Mereka mengatakan bahwa kafein dapat mengurangi penyerapan lemak sebesar 22% dan mengurangi kenaikan berat badan sebesar 16%.
Rutin Minum Kopi Bisa Cegah Berat Badan Naik Selama LiburanFoto: iStock

Untuk manusia, para peneliti menyarankan untuk minum empat cangkir kopi dalam sehari untuk membantu kenaikan berat badan.

"Mengingat temuan itu, kafein dapat dianggap sebagai agen antiobesitas. Hasil penelitian itu dapat ditingkatkan untuk manusia karena kafein disebut sebagai strategi potensial untuk mencegah kelebihan berat badan dan obesitas, serta gangguan metabolisme," ujar Elvira Gonzales de Mejia, salah satu peneliti.
Rutin Minum Kopi Bisa Cegah Berat Badan Naik Selama LiburanFoto: iStock

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa kafein tidak hanya bisa didapatkan dari teh saja, tetapi juga dari sumber lain seperti kopi misalnya. Kafein sangat penting untuk tubuh karena dapat mengurangi dampak negatif dari diet tinggi lemak, sukrosa tinggi pada komposisi tubuh, karena modulasi enzim lipogenik tertentu di jaringan adiposa dan hari.

Jadi, bagi kalian yang ingin berlibur tanpa takut berat badan menjadi bertambah, kamu bisa rutin meminum kopi setiap hari sesuai takaran yang telah ditentukan. Disarankan untuk tindak menggunakan gula dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga : 5 Superfood Ini Terbukti Ampuh Turunkan Berat Badan dan Bikin Kulit Putih

Simak Video "Nggak Cuma Diminum, Kopi Juga Bisa Jadi Parfum Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)