Stop Tuangkan Kentang Goreng ke Nampan, Ini Alasannya!

Riska Fitria - detikFood Selasa, 10 Des 2019 19:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Menuangkan kentang goreng ke atas nampan, kemudian memakannya langsung dari nampan sudah jadi kebiasaan orang. Hentikan kebiasaan tersebut karena bisa membahayakan kesehatan.

Berkunjung ke restoran fast food dengan rombongan adalah hal yang menyenangkan. Di sana kita bisa memesan banyak menu untuk dimakan bersama-sama. Salah satu menu yang tak pernah absen untuk dipesan adalah kentang goreng.

Untuk dimakan bersama-sama, biasanya orang akan membeli kentang goreng dalam porsi yang banyak. Kemudian kentang tersebut dituangkan di atas nampan agar bisa dimakan bersama-sama. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan pengunjung setiap kali menyantap kentang goreng di restoran fast food.
Stop Tuangkan Kentang Goreng pada Nampan, Ini Alasannya!Foto: Istimewa

Namun, seorang netizen yang berpengalaman sebagai pelayan di restoran menyarankan untuk memberhentikan kebiasaan menuang kentang goreng di atas nampan, lapor World of Buzz (10/1). Ungkapannya itu dibagikan melalui akun twitter pribadinya.

"Sebagai mantan pelayan dari restoran fast food, saya sarankan untuk tidak makan goreng yang dituang langsung ke nampan. Kami hanya membersihkan nampan tersebut menggunakan kain tanpa mencucinya,"

Baca Juga : Butuh Waktu 3 Hari Untuk Bikin Kentang Goreng yang Super Renyah Ini

Tweet tersebut menjadi viral dan ditanggapi banyak orang. Dari sekian banyak komentar, terdapat komentar dari salah seorang netizen yang juga memiliki pengalaman yang sama. Ia membenarkan bahwa nampan yang ada pada restoran fast food tidak pernah dicuci bersih, melainkan hanya dilap menggunakan kain.
Stop Tuangkan Kentang Goreng pada Nampan, Ini Alasannya!Foto: Istimewa

Dengan begitu, tentunya dipastikan bahwa banyak sekali bakteri atau virus yang bersarang di nampan tersebut. Jika kamu menuangkan kentang goreng di atasnya, maka bakteri atau virus itu akan menempel pada kentang yang nantinya akan masuk ke dalam tubuh.

Beberapa di antara netizen lain juga mengatakan bahwa nampan-nampan biasanya dibersihkan dengan sanitiser. Kemudian mereka akan melapisi nampan dengan kertas dan digunakan kembali untuk pelanggan berikutnya.
Stop Tuangkan Kentang Goreng pada Nampan, Ini Alasannya!Foto: iStock

Namun, jangan salah. Ketika nampan dilapisi kertas, bukan berarti bahwa nampan tersebut menjadi aman. Kertas yang melapisi nampan biasanya dicetak dengan tinta kimia yang tidak aman untuk makanan.

Ketika kentang goreng bersentuhan dengan tinta, bahan kimia dapat berpindah ke makanan kamu. Karenanya, mulai sekarang biarkan kentang goreng yang kamu pesan tetap berada di wadahnya sendiri.

Baca Juga : 7 Varian Kentang Goreng Enak dari Spanyol hingga Vietnam

Simak Video "Nyam! Nikmatnya Kentang Goreng Panjang Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)