Butuh Waktu 3 Hari Untuk Bikin Kentang Goreng yang Super Renyah Ini

Devi Setya - detikFood Selasa, 10 Des 2019 12:57 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Banyak cara dilakukan chef profesional demi menghasilkan hidangan lezat. Termasuk saat mengolah kentang goreng yang prosesnya memakan waktu hingga 3 hari.

Dilansir dari 10 Best (10/12) seorang chef bernama Avishar Barua punya teknik unik untuk menghasilkan kentang goreng lezat. Kentang yang ia olah ini tidak bisa disantap di hari yang sama karena prosesnya memakan waktu hingga 3 hari. Jadi mohon bersabar kalau ingin mencicip rasanya.

Chef Barua ini menyajikan makanan di Service Bar, Columbus, Ohio. Ia mengaku sangat mencintai pekerjaannya dan berusaha menyajikan makanan terbaik untuk para pelanggan. Termasuk untuk menu andalannya berupa kentang goreng.
Butuh Waktu 3 Hari Untuk Bikin Kentang Goreng yang Super Renyah IniFoto: istimewa

Baca juga : 7 Varian Kentang Goreng Enak dari Spanyol hingga Vietnam

"Kentang goreng yang sempurna punya tekstur super renyah di luar tetapi lembut di dalam," kata Barua.

Chef Barua adalah seorang imigran asal Bangladesh. Saat masih kecil, orang tuanya senang memberi makanan cepat saji agar Barua mau makan. Inilah awal kecintaannya pada kentang goreng.

Beranjak dewasa, Barua lebih senang menikmati sandwich ikan yang disajikan dengan kentang goreng. Ia bahkan punya cara unik menyantap sandwichnya. Barua akan menumpuk sandwich, salad dan kentang goreng lalu melahapnya.

Kenangan tentang kentang goreng di masa muda inilah yang membuat Chef Barua berusaha menghadirkan kentang goreng dengan rasa paling istimewa. Semasa kuliah di jurusan biologi, Chef Barua justru lebih senang mengoleksi buku masak dibandingkan literatur tentang biologi.
Butuh Waktu 3 Hari Untuk Bikin Kentang Goreng yang Super Renyah IniFoto: istimewa

Pada tahun 2017, Barua membuka Service Bar restoran, dan kini usaha kulinernya terkenal dengan menu kentang goreng yang lain daripada yang lain. Kentang goreng ini melalui proses panjang sehingga rasanya istimewa.

Chef Barua menjelaskan tahapan pembuatan kentang goreng ini. Awalnya kentang harus dicuci hingga bersih, kemudian dipotong-potong. Proses pencucian dan pemotongan ini memakan waktu sehari penuh.

Proses pemotongan ini masih menggunakan tangan jadi tak heran kalau prosesnya lama. Restoran bahkan harus tutup setiap hari Selasa untuk proses pemotongan kentang ini.

Kentang-kentang yang sudah dipotong ini kemudian direndam dalam air dingin yang sudah ditambah air garam, glukosa dan soda kue. Tujuannya adalah untuk mengurangi pati dalam kentang. Proses ini memakan waktu 1 jam 45 menit.

"Glukosa membantu menjaga rasa kentang, karena kita bisa kehilangan gula alami. Soda kue membantu menurunkan pH sedikit agar tekstur kentang lebih terjaga, dan garam membantu mengurangi efek browning pada kentang," ujar Chef Barua.

Kentang kemudian digoreng dalam minyak banyak dengan suhu 90 derajat celsius. Setelah kentang setengah matang, kemudian ditiriskan di atas rak kawat. Kentang tak bisa langsung dikonsumsi.

Kentang ini masih harus dimasukkan ke dalam rak pendingin selama semalaman. Proses ini harus dilakukan cepat karena jika terlambat maka kentang akan lembek dan rusak.

Selanjutnya, di hari kedua kentang-kentang ini akan digoreng kembali menggunakan campuran minyak biji anggur dan minyak canola selama 68,5 menit. Suhu yang digunakan adalah 130 derajat celsius. Penggunaan minyak ini memberi pengaruh rasa pada kentang goreng yang dihasilkan.
Butuh Waktu 3 Hari Untuk Bikin Kentang Goreng yang Super Renyah IniFoto: istimewa

Baca juga : Cara Membuat Kentang Goreng Renyah yang Tahan Lama

Setelah diangkat, kentang goreng dikeringkan kembali di rak kawat sebelum disimpan dalam freezer. Kentang ini kemudian dibekukan untuk menjaga masa simpannya.

Di hari ketiga, kentang digoreng dan baru bisa disajikan pada pengunjung. Proses yang panjang ini sebanding dengan hasil rasa kentang goreng yang lezat. Tak heran, banyak orang sengaja datang ke restoran ini agar bisa menikmati sajian kentang gorengnya.



Simak Video "Resep Kentang Isi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)