Cara Membuat Kentang Goreng Renyah yang Tahan Lama

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 14 Nov 2019 15:30 WIB
Cara menggoreng kentang yang renyah dan tidak lembek. Foto: iStock Cara menggoreng kentang yang renyah dan tidak lembek. Foto: iStock
Jakarta - Kentang goreng bisa jadi camilan enak dan mengenyangkan. Sajian ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Ini cara membuat kentang goreng tepung yang renyah.

Kentang goreng paling enak dimakan bersama dengan cocolan saus atau mayones. Agar kentang goreng renyah lebih lama, ternyata ada beberapa cara yang membuat teksturnya krispi.


Berikut ini resep cara membuat kentang goreng renyah tahan lama:

Bahan:
2 buah kentang ukuran besar
1/2 sdt kunyit bubuk
1 sdm tepung terigu
Air es
Garam secukupnya
Minyak secukupnya

Cara membuat kentang goreng renyah.Cara membuat kentang goreng renyah. Foto: iStock

Cara membuat kentang goreng renyah tidak lembek:

1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris berbentuk stik dengan tebal 0,5 cm - 1 cm. Masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
2. Agar warnanya tidak pucat, bisa ditambahkan dengan kunyit bubuk. Didihkan air rebusan dengan bubuk kunyit dan rebus selama 3-4 menit.
3. Tiriskan kentang dan masukkan ke dalam air es.
4. Campurkan tepung terigu dan garam, gulingkan kentang di atasnya. Aduk hingga seluruh bagian kentang terlumuri tepung dan garam.
5. Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng kentang hingga kekuningan. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya di atas kertas minyak atau kertas tisu.

Kentang goreng renyah dan gurih ini enak dinikmati hangat-hangat bersama dengan cocolan saus pedas.





Simak Video "Nyam! Nikmatnya Kentang Goreng Panjang Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pay)