Racik Teh Bawang Putih untuk Redakan Flu hingga Sehatkan Jantung

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 12 Nov 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta -
Teh bawang putih merupakan alternatif secangkir teh sehat. Khasiatnya banyak seperti meredakan flu hingga sehatkan jantung.


Bawang putih selama ini dikenal sebagai bumbu dapur dengan aroma dan rasa khas yang bisa melezatkan masakan. Selain menjadi bumbu dapur, ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai teh penuh khasiat.


Bawang putih merupakan jenis tanaman yang masuk ke dalam genus allium atau genus bawang. Selain menjadi bumbu penyedap makanan, bawang putih juga digunakan sebagai obat tradisional di seluruh dunia. Bawang putih memiliki aroma yang menyengat.

Racik Teh Bawang Putih untuk Redakan Flu hingga Sehatkan JantungFoto: iStock
Bawang putih juga mengandung banyak nutrisi baik yang kaya akan vitamin C, vitamin B6, tiamin, kalium, kalsium, fosfor, mangan dan tembaga. Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada bawang putih, maka bahan makanan ini memiliki banyak manfaat diantaranya mengurasi kolesterol jahat dalam darah dan sebagai zat antioksidan.


Baca Juga: Tiap Hari Rutin Minum Teh, Kamu Akan Rasakan 10 Manfaat Ini


Lalu, apa itu teh bawang putih? Sama seperti minuman herbal lainnya, teh bawang putih juga sangat baik diminum saat sedang terserang flu dan batuk. Rasa hangat yang ditimbulkan saat meminumnya memberikan efek yang dapat mengurangi flu dan batuk, walau rasanya kurang enak.


Selain dapat mengurangi flu dan batuk, teh bawang putih ini juga dipercaya dapat mengurangi kolesterol, menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, mengobati sariawan, meningkatkan metabolisme tubuh, serta dapat mengurangi nafsu makan. Bahkan tenyata teh bawang putih ini juga dapat mengobati infeksi jamur pada vagina dan kanker lambung.


Cara membuat teh bawang ini pun mudah. Anda bisa langsung membuatnya di rumah dalam waktu 10 menit saja. Berikut caranya:


Baca Juga: 12 Manfaat Rajin Minum Teh untuk Kesehatan

Racik Teh Bawang Putih untuk Redakan Flu hingga Sehatkan JantungFoto: iStock

1. Siapkan bahan

Bahan yang harus disiapkan diantara 3-4 siung bawang putih, air perasan lemon, madu, dan 2-3 cangkir air.


2. Proses pembuatan

Rebus bawang putih tersebut dengan 2-3 cangkir air pada panci selama 5 menit. Lalu tambahkan air perasan lemon serta madu ke dalamnya. Secangkir teh bawang putih yang hangat dan menyehatkan pun siap untuk diminum.


Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)