5 Tips Memilih Menu Makan Siang Sehat agar Tetap Berenergi

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 11 Nov 2019 13:00 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: iStock

1. Pilih protein yang benar

Protein pada menu makan siang Anda sangatlah penting untuk membuat Anda kenyang, membangun tulang dan otot, serta menjadi bahan bakar untuk tubuh Anda. Anda bisa memilih protein dari beragam jenis daging, namun yang harus Anda pastikan pilihlah daging tanpa lemak, seperti ikan, dada ayam, dan daging tanpa lemak.

Ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan lainnya memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk tubuh sebagai asupan yodium yang dibutuhkan untuk tiroid yang sehat. Daging tanpa lemak seperti dada ayam juga baik bagi tubuh Anda, namun perlu diingat jangan memilih hidangan yang melalui proses penggorengan karena itu sama saja tidak menyehatkan.

Anda bisa menggantinya dengan olahan daging yang dipanggang atau dikukus karena itu bisa menjadi hidangan yang lebih menyehatkan. Selain itu, Anda juga bisa konsumsi keju cottage sebagai tambahan protein. Selain rasanya yang enak, keju juga bisa membantu Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan karena mengandung nutrisi yang sangat baik. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menambahkan wortel, tomat, dan sayuran lainnya untuk makan siang yang lebih beragam.

(yms/adr)