9 Manfaat Chia Seed, Makanan Super yang Baik untuk Kesehatan

Virgina Maulita Putri - detikFood Rabu, 06 Nov 2019 08:30 WIB
9 Manfaat Chia Seed, Makanan Super yang Baik untuk Kesehatan Foto: iStock 9 Manfaat Chia Seed, Makanan Super yang Baik untuk Kesehatan Foto: iStock
Jakarta - Mendengar nama chia seed pasti langsung teringat pada statusnya sebagai super food alias makanan bernutrisi super. Beberapa tahun terakhir, chia seed digemari para pencinta hidup sehat karena manfaatnya yang beragam untuk kesehatan.

Bagi yang mengira chia seed dan biji selasih merupakan jenis makanan yang sama, itu salah besar. Chia seed berasal dari tanaman Salvia hispanica yang banyak ditemukan di Meksiko dan Amerika Selatan.



Sedangkan biji selasih berasal dari tanaman Ocimun basilicum atau yang lebih dikenal dengan nama basil. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis dari Afrika Tengah hingga Asia Tenggara.

Dikenal sebagai super food, lantas apa saja manfaat chia seed untuk kesehatan? Berikut 9 manfaat chia seed yang dirangkum detikFood dari Healthline:

1. Kalori yang Sedikit

Dua sendok makan chia seed atau sekitar 28 gram mengandung kalori yang terbilang sedikit, hanya 137 kalori. Tapi dengan kalori dan ukuran yang kecil ini, chia seed kaya akan berbagai jenis nutrisi.

Satu sajian chia seed mengandung 11 gram serat, 4 gram protein, 9 gram lemak, kalsium, mangan, magnesium dan fosfor.

2. Kaya Akan Antioksidan

Manfaat chia seed lainnya adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan merupakan kandungan penting yang bisa menangkal radikal bebas, yang bisa merusak molekul sel serta menyebabkan penuaan dini dan penyakit seperti kanker.

3. Tinggi Serat

Satu ons chia seed mengandung 12 gram karbohidrat. Tapi 11 gram di antaranya merupakan serat yang tidak bisa dicerna tubuh.

Ini menjadikan chia seeds sebagai makanan yang rendah karbohidrat. Selain itu, serat juga bisa menjadi makanan bagi bakteri sehat yang ada di usus sehingga baik untuk pencernaan.

4. Cocok untuk Diet

Chia seed merupakan makanan yang cocok untuk diet. Karena sifatnya yang kaya akan kandungan serat larut, chia seed bisa menyerap air hingga 10-12 kali beratnya, kemudian berubah menjadi gel dan membesar di perut.

Secara teori, hal ini bisa membuat kalian menjadi kenyang lebih cepat dan lama, melambatkan proses penyerapan makanan dan mengurangi asupan kalori. Selain itu, chia seed juga kaya akan protein yang bisa mengurangi rasa lapar.

5. Kaya Omega-3

Chia seed memiliki kandungan omega-3 yang kaya dalam bentuk alpha-linolenic acid (ALA). Omega-3 sendiri merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk badan dan otak kalian.

Tapi, ALA harus diubah terlebih dahulu ke bentuk yang aktif, seperti EPA, sebelum bisa dimanfaatkan oleh badan.



6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Karena kandungan serat, protein dan omega-3 yang tinggi, chia seed juga berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung. Chia seed juga bisa menurunkan tekanan darah pada orang yang mengalami hipertensi, yang merupakan risiko kuat terjadinya penyakit jantung.

7. Memperkuat Tulang

Makanan yang biasa dikonsumsi bersama puding dan smoothie ini mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk kekuatan tulang seperti kalsium, fosfor, magnesium dan protein. Bahkan kandungan kalsiumnya terbilang cukup tinggi, hampir 18% dari kebutuhan harian yang disarankan.

8. Mengurangi Peradangan

Chia seed bermanfaat untuk mengurangi peradangan kronis, yang biasanya terkait dengan penyakit jantung dan kanker. Peradangan kronis biasanya tidak memiliki tanda yang jelas, tapi bisa dideteksi dengan menghitung penanda peradangan di darah.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi identik dengan penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Studi menemukan bahwa chia seed bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah, sehingga bisa menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Simak Video "Salenco, Kafe Sehat dengan Sajian Menu yang Memanjakan Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/odi)