Dingin Manis Es Krim

Berapa Banyak Porsi Es Krim yang Boleh Disantap? Ini Jawaban Ahli Gizi

Devi Setya - detikFood Jumat, 25 Okt 2019 19:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Dingin Manis Es Krim
Jakarta - Es krim jadi makanan kesukaan hampir semua kalangan usia. Tapi sebenarnya berapa banyak porsi es krim yang sebaiknya disantap dalam satu hari?

Dalam 100 gram es krim vanila umumnya mengandung sekitar 207 kalori, 11 gram lemak dan 21 gram gula. Lain lagi dengan es krim cokelat yang mengandung kalori lebih tinggi yakni sekitar 216 kalori, 11 gram lemak dan 25 gram gula.

Angka ini baru menunjukkan untuk dua varian rasa es krim. Takarannya juga belum meliputi kandungan nutrisi dan bahan tambahan lainnya yang kerap dicampurkan pada es krim.
Berapa Banyak Porsi Es Krim yang Boleh Disantap? Ini Jawaban Ahli Gizi Foto: iStock

Baca juga : Apa Benar Makan Es Krim Bikin Gemuk?

Saat dihubungi detikFood (25/10) Dr. Tan Shot Yen mengatakan tidak bisa menyebutkan takaran pasti porsi es krim yang ideal. Sebabnya adalah setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda serta jenis dan rasa es krim yang disantap juga berbeda.

"Wah enggak bisa dibilang, tergantung orangnya. Sudah terlanjur obesitas enggak, punya masalah metabolik enggak, diabetes atau tidak," kata Dr. Tan yang dikenal sebagai ahli gizi ini.

Lebih lanjut, Dr. Tan juga mengatakan es krim dengan kandungan susu dan perasa apapun memiliki risiko untuk tubuh. Apalagi di dalam es krim terkandung berbagai komposisi lainnya mulai dari emulsifier, gula, pengental dan lain sebagainya.

"Dalam adonan susunya es krim, ada macam-macam mulai dari emulsifier, gula, pengental. Satu lagi, es krim merupakan bagian dari ultra processed food," beber Dr. Tan.
Berapa Banyak Porsi Es Krim yang Boleh Disantap? Ini Jawaban Ahli Gizi Foto: iStock

Dengan ini disarankan sebaiknya tidak mengonsumsi es krim dalam porsi berlebihan. Kenali kondisi tubuh agar tetap bisa makan enak namun tidak mengganggu kesehatan.

Dr. Tan juga menyarankan, dibanding makan es krim yang mengandung susu, lebih baik memilih non dairy sorbet atau es mambo. "Es mambo itu lah lebih aman. Tinggal kontrol gulanya, atau enggak pakai gula tapi dari buahnya saja kan sudah manis. Yang penting dapetin 'greget' esnya," pungkas Dr Tan.

Baca juga : Makan Es Krim Bikin Gemuk dan Batuk? Ini Kata Ahli Gizi

Simak Video "Jajan Es Krim Kekinian dengan Banyak Varian Rasa!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Dingin Manis Es Krim