Lembut Dingin Es Krim

Apa Benar Makan Es Krim Bikin Gemuk?

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 12 Nov 2016 15:44 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Lembut Dingin Es Krim
Jakarta - Es krim yang dingin manis enak untuk ngemil. Karenanya banyak orang yang konsumsi terlalu banyak. Agar tetap terkontrol, ikuti aturan ini.

Es krim secara umum terbuat dari campuran susu, gula dan krim. Dalam proses pembuatannya, es krim dicampurkan dengan beragam rasa ataupun potongan cokelat serta buah.

Menurut ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD, umumnya dalam 100 gram es krim vanilla mengandung sekitar 207 kalori, 11 gram lemak, dan 21 gram gula. Sedangkan es krim cokelat memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi yaitu sekitar 216 kalori, 11 gram lemak dan 25 gram gula.

Apa Benar Makan Es Krim Bikin Gemuk?Foto: iStock
Mengenai soal porsi. Berdasarkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) tahun 2013 menyebutkan bahwa kebutuhan orang dewasa berkisar antara 2000 hingga 2700 kalori. Dimana konsumsi camilan sekitar 20 persen dari kebutuhan, artinya konsumsi camilan hanya boleh sekitar 400 sampai 540 kalori.

"Jika melihat dari nilai ini, maksimal konsumsi es krim orang dewasa adalah sebanyak 2 porsi per hari. Karena apabila berlebih, akan mengakibatkan kelebihan kalori," jelas Jansen kepada detikFood (11/11).

Sedangkan untuk remaja tidak terlalu berbeda dengan orang dewasa, yaitu 2000 hingga 2600 kalori. Sehingga maksimal remaja mengonsumsi es krim 2 porsi per hari.

Berbeda dengan anak-anak yang kebutuhannya hanya sekitar 1100-1800 kalori. Asupan camilan harian si kecil adalah 220-360 kalori, sehingga anak-anak disarankan untuk mengonsumsi es krim tidak lebih dari 1 porsi yaitu 100 gram setiap harinya.

Apa Benar Makan Es Krim Bikin Gemuk?Foto: iStock
Konsumsi es krim juga sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Menurut Jansen, peningkatan berat badan dapat terjadi karena asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan asupan yang keluar.

Sehingga konsumsi es krim memang dapat mengakibatkan tubuh menjadi gemuk karena peningkatan berat badan, namun hal ini dapat terjadi jika konsumsinya berlebihan atau lebih dari kebutuhan harian yang dianjurkan.

Jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat, es krim dapat saja menjadi sumber protein yang baik. Es krim seringkali menimbulkan efek "ketagihan" sehingga seseorang tidak cukup hanya mengonsumsi sedikit es krim. Hal inilah yang menjadi penyebab tubuh menjadi gemuk.

Dalam hal memilih es krim, Jansen menyarankan agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi es krim, pilihlah es krim yang rendah gula dan lemak serta perhatikan kebersihan lingkungan tempat es krim dijual. (lus/odi)
FOKUS BERITA Lembut Dingin Es Krim