Sarapan Praktis Bergizi dengan Roti dan Telur yang Nikmat

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 25 Okt 2019 06:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sarapan praktis bergizi bisa dibuat dengan roti dan telur. Meski sederhana, paduan keduanya terasa nikmat.


Sarapan praktis bergizi tak perlu dengan bahan makanan mahal, cukup dengan roti dan telur saja bisa membuat Anda kenyang dan tercukupi gizinya. Hanya dengan 140 kalori, dua telur untuk sarapan memberi Anda 12 gram protein berkualitas,atau 24 persen dari nilai harian untuk nutrisi sebanyak 2.000 kalori.


Sepotong roti gandum memiliki 76 kalori dengan 4 gram protein; menggunakan mentega atau selai meningkatkan jumlah kalorinya. Jenis roti gandum menawarkan manfaat tambahan serat, yang membantu untuk melancarkan pencernaan Anda.

Sarapan Praktis Bergizi dengan Roti dan Telur yang NikmatFoto: iStock


Kombinasi yang sehat ini juga serbaguna, kombinasi kedua bahan makanan ini bisa diolah dengan berbagai cara. Penambahan seperti keju, susu, dan sayuran akan meningkatkan jumlah kalori. Dua telur juga memasok sejumlah nutrisi mikro dalam jumlah besar, seperti 15-35% nilai rekomendasi harian untuk beberapa vitamin B dan 25% mineral selenium dan kolin.


Baca Juga: Punya Roti dan Telur? Bikin Saja Roti Panggang Telur yang Gurih Ini


Jika Anda tak memiliki waktu yang cukup banyak, Anda bisa olah roti dan telur Anda dengan membuat roti panggang yang dioleskan dengan mentega kacang atau almond, buat telur mata sapi, dan tambahkan sedikit alpukat untuk menambahkan rasa dan tekstur. Jika Anda memiliki waktu yang lumayan banyak, Anda bisa membuat sandwich dengan telur yang didadar dan ditambahkan keju serta saus pedas.


Selain itu Anda juga bisa membuat omelet yang ditambahkan sayuran seperti wortel atau paprika dan sedikit jamur. Jika Anda ingin keju dalam omelet, tambahkan seperempat cangkir keju feta hancur untuk tambahan 90 kalori lebih banyak. Dan makan bersama roti gandum panggang yang bisa menambah 60 kalori.

Sarapan Praktis Bergizi dengan Roti dan Telur yang NikmatFoto: iStock


Jika Anda miliki masalah dengan kolesterol tinggi, mungkin Anda bisa meminimalkan penggunaan telur dalam sarapan Anda. Karena telur memang bahan makanan yang tinggi kolesterol.


Dilansir dari Healthy Eating, The Mayo Clinic melaporkan bahwa individu yang sehat dan tidak punya riwayat kolesterol tinggi dapat menikmati hingga 7 telur utuh dalam seminggu. Menurut Egg Nutrition Center, banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi telur tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung.


Baca Juga: Racik Sarapan Sehat untuk Si Kecil dari Roti, Telur, dan Susu


Tetapi jika Anda masih khawatir tentang kolesterol, sisihkan kuning telur dan gunakan putih telurnya saja. Namun itu akan mengurangi jumlah asupan protein dan vitamin.

Simak Video "Lawa Ikan, Kuliner Legendaris dari Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)