Racik Sarapan Sehat untuk si Kecil dari Roti, Telur dan Susu

- detikFood Rabu, 22 Apr 2015 06:45 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Terkadang, orangtua malas untuk meracik makanan saat sarapan. Roti, susu hingga telur menjadi pilihan makanan si kecil saat sarapan. Akan tetapi, seringnya konsumsi bahan makanan tersebut dapat sebabkan si kecil bosan.

Roti merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan karbohidrat. Telurpun dikenal menjadi bahan makanan kaya nutrisi karena kandungan omega 3, kolin dan protein. Sedangkan untuk susu mengandung kalsium yang sangat baik untuk kesehatan si kecil.

Dua lembar roti tawar (50 gr) mengandung kalori sekitar 124 Kkal, 4 gr protein, 0,6 gr lemak dan 25 gr karbohidrat. Sedangkan untuk 1 butir telur (60 gr) mengandung kalori sekitar 92,4 Kkal, 7, 4 gr protein, 6,4 gr lemak dan 0,42 gr lemak.

Ada beragam sajian menu dari berbagai negara yang dapat Anda racik dengan roti, telur dan susu untuk sarapan. Salah satunya adalah french toast hingga sandwich yang lezat dengan paduan potongan sayuran segar seperti mentimun, tomat dan selada.

Lengkapi sajian sarapan si kecil dengan segelas susu segar untuk menambah asupan kalsium. Dalam 100 ml susu sapi mengandung kalori sekitar 61 Kkal, 3,2 gr protein, 3,5 gr lemak, 4,3 karbohidrat dan 143 mg kalsium.

Untuk membuat french toast, Anda dapat mencelupkan lembaran roti tawar dalam adonan susu dan telur kemudian dipanggang dalam wajan panas. French toast memiliki tekstur yang garing di luar dan lembut di bagian dalam.  Jangan lupa menghiasnya dengan keju atau buah-buahan seperti strawberry agar lebih menarik.

Selain itu Anda juga dapat membuat sandwich dengan mencetak roti menjadi bentuk favorit si kecil. Misalnya, bentuk roti dengan cetakan kue berbentuk bulat atau bintang kemudian isi roti dengan sayur, telur atau sosis dan keju kemudian hias bagian atasnya dengan mayonaise atau saus tomat untuk membentuk karakter pada roti.

Cara ini dapat menjadi salah satu cara mengajak si kecil sarapan dan tak perlu repot untuk menyajikan makanan. Sarapan secara rutin dan tepat waktu dapat membantu si kecil lebih mudah berkonsentrasi dan juga menghindarkan si kecil dari letih ataupun lesu saat di sekolah.

(lus/odi)