Minum Jus Wortel Tiap Hari, Ashton Kutcher Pernah Alami Orthorexia

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 20 Okt 2019 10:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bintang Hollywood Ashton Kutcher pernah masuk rumah sakit karena orthorexia. Ia alami gangguan makan karena terlalu banyak minum jus wortel.

Ashton Kutcher dalam wawancaranya bersama First We Feast yang dirangkum Buzzfeed (27/09) menjelaskan bahwa ia pernah masuk ke rumah sakit karena orthorexia yang ia alami. Ia mengalami orthorexia karena harus mengonsumsi buah secara terus menerus selama pembuatan film Biography Steve Jobs pada 2013 lalu.

Gangguan makan ini menyerang ke pankreasnya dan menyebabkan peradangan. Semua ini semata-mata ia lakukan untuk mendalami perannya sebagai Steve Jobs yang jalani 'fruitarian diet' dengan minum jus wortel tiap hari.

Baca Juga: Wanita Ini Sering Unggah Foto Makanan Sehat di Instagram Tapi Malah Kurang Gizi

Minum Jus Wortel Tiap Hari, Ashton Kutcher Pernah Alami OrthorexiaFoto: iStock


Ia mengatakan, "Tiba-tiba saya merasakan sakit di punggung, dan sepanjang malam itu semakin buruk. Pada akhinya, saya pergi ke rumah sakit."

Jadi, apa itu orthorexia? Menurut Ginger Hultin seorang Ahli Gizi di Seatle yang dirangkum dari Parade (16/10), orthorexia adalah gangguan makan berupa obsesi patologis dengan nutrisi yang tepat dan mengarah pada pembatasan diet dan melakukan penghindaran pada makanan yang dianggap tidak sehat.

Hultin juga menjelaskan bahwa, tidak seperti anorexia nervosa, yang didorong oleh keinginan untuk menurunkan berat badan, orthorexia berpusat pada keinginan untuk ingin makan "sehat" sampai pada batas yang memaksakan. Kondisi ini sering menyebabkan penurunan berat badan (atau masalah kesehatan lainnya, seperti Kutcher), yang mungkin cukup ekstrem sehingga memerlukan perawatan atau rawat inap.

Chevese Tuner seorang Kepala Strategi dan Petugas Kebijakan di National Eating Disorders Association menjelaskan bahwa makanan yang dimakan penderita orthorexia dianggap sehat, cenderung terjadi kesalahpahaman tentang kondisi yang berakar pada kesalahpahaman tentang apa artinya menjadi sehat.

Baca Juga: Ini 5 Gangguan Makan dan Gejalanya yang Perlu Kamu Tahu

Minum Jus Wortel Tiap Hari, Ashton Kutcher Pernah Alami OrthorexiaFoto: Istimewa


Seperti Kutcher yang mengikuti gaya hidup Steve Jobs demi mendalami perannya tersebut dan hanya mengonsumsi jus wortel selama seharian penuh dalam waktu yang lama. Hal itu membuat keseimbangan nutrisi pada tubuhnya terganggu dan menyebabkan peradangan pada pankreasnya.

Mengonsumsi makanan sehat nyatanya memang baik untuk kesehatan. Namun jika terlalu banyak atau dikonsumsi terus menerus dengan jenis yang sama, tanpa adanya nutrisi lain yang terkandung itu akan membahayakan kesehatan tubuh.

Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)