7 Makanan untuk Ibu Menyusui agar ASI Lancar

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 20 Okt 2019 08:00 WIB
Makanan untuk ibu menyusui agar asi lancar. Foto: iStock Makanan untuk ibu menyusui agar asi lancar. Foto: iStock
Jakarta - Momen menyusui jadi hal yang paling berkesan untuk seorang ibu. Tak hanya lebih dekat dengan si kecil, tetapi juga meningkatkan kesehatannya. Apa saja makanan untuk ibu menyusui agar ASI lancar?

ASI (Air Susu Ibu) bukan sekedar susu. ASI mengandung nutrisi lengkap yang tidak bisa didapatkan dari susu lain. ASI mengandung limfosit, makrofag dan antibodi yang bisa mencegah bayi dari infeksi penyakit tertentu.


Sehingga ASI jadi satu-satunya makanan yang dibutuhkan untuk bayi. Agar hasilkan ASI yang bergizi tinggi, ibu tentu harus mengonsumsi makanan sehat supaya kandungan ASInya optimal dan volume ASInya banyak.

Dirangkum detikFood, berikut ini beberapa makanan untuk ibu menyusui agar ASI banyak:

1. Sayuran Hijau

Makanan untuk ibu menyusui yang sehat bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, katuk, kangkung hingga selada. Sayuran berdaun hijau ini tinggi vitamin A, kalsium, vitamin C dan zat besi. Sayuran hijau juga mengandung antioksidan dan rendah kalori.

Selain di tumis, cara memasak sayuran hijau juga bisa dikukus atau dimasak menjadi sayur bening agar kebutuhan cairan juga sekaligus dapat terpenuhi.


Makanan untuk ibu menyusui agar ASI banyak.Makanan untuk ibu menyusui agar ASI banyak. Foto: iStock

2. Buah-buahan

Hampir sama dengan sayuran, buah juga tinggi akan antioksidan, vitamin dan juga mineral. Pilih buah-buahan yang tinggi kandungan air karena ibu menyusui perlu mengonsumsi cairan dalam jumlah cukup.

Buah-buahan seperti semangka, jeruk, melon, pepaya hingga mangga bisa dikonsumsi ibu menyusui agar ASInya lancar.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat membuat ASI semakin kental dan tinggi nutrisi. Kacang-kacangan juga jadi makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat karena tinggi protein yang sangat baik untuk pembentukan jaringan sel tubuh.

Kacang hijau, kacang merah serta edamame bisa kamu nikmati sebagai camilan sehat.


Makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas.Makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas. Foto: iStock

4. Ikan

Makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas bisa mengonsumsi ikan laut. Ikan salmon dan beberapa ikan laut lain mengandung DHA yang sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Semua ASI mengandung SHA, tetapi tingkat nutrisi penting ini lebih tinggi pada ASI yang mendapat DHA lebih dari makanan ibu menyusui sehari-hari.

DHA dalam ikan salmon juga dapat memperbaiki suasana hati. Hasil studi menunjukkan bahwa, DHA memainkan peran dalam mencegah depresi pasca melahirkan. Pedoman FDA mengatakan ibu yang menyusui harus membatasi konsumsi ikan rendah merkuri sampai 12 ons per minggu. Salmon dianggap memiliki kadar merkuri rendah bila dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Selain salmon, beberapa ikan lainnya seperti ikan tuna, kakap serta tenggiri juga sangat baik dikonsumsi ibu menyusui.

5. Telur dan Daging Merah

Telur jadi pilihan protein hewani yang ekonomis dan sangat mudah didapat. Selain bagian putihnya, kuning telur juga jadi salah satu dari beberapa sumber alami vitamin D.

Vitamin D merupakan nutrisi penting untuk menjaga tulang kuat dan membantu pertumbuhan tulang bayi. Selain itu, telur juga serbaguna untuk memenuhi kebutuhan protein harian, terutama ibu menyusui.

Makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat bisa juga mengonsumsi daging merah. Daging merah seperti sapi ini mengandung protein tinggi dan juga zat besi.

Makanan terbaik untuk ibu menyusui.Makanan terbaik untuk ibu menyusui. Foto: iStock


6. Susu

Produk susu adalah bagian penting dari bahan makanan bagi ibu menyusui yang sehat. Selain menyediakan protein, vitamin B, dan vitamin D, produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Jika menyusui, susu yang sarat dengan kalsium dapat membantu perkembangan tulang bayi.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyertakan setidaknya 3 cangkir susu setiap hari sebagai bagian dari diet.

7. Air Putih

Ibu baru yang sedang menyusui sangat berisiko mengalami dehidrasi. Untuk menjaga tingkat energi dan produksi ASI, pastikan untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup. Namun, hindari minuman yang mengandung kafein. Karena kafein dapat terkandung dalam ASI dan dapat menyebabkan bayi menjadi mudah marah dan sulit tidur.














(lus/erd)